Terungkap | Terungkapsudah.blogspot.co.id

Terungkap | Terungkapsudah.blogspot.co.id

Kesaksian Ustaz Zakcy Mirza atas Misteri Senyuman dan Air Mata Jenazah Julia Perez


Artis Julia Perez/Jupe telah kembali ke haribaan yang Maha Kuasa Sabtu (10/6/2017) akibat penyakit kanker serviks yang lama dideranya.

Jupe meninggal di bulan yang sangat baik yaitu bulan suci Ramadan.

Ustaz Zacky Mirza merupakan salah satu orang yang mengantarkan mendiang Julia Perez atau Jupe hingga peristirahatan yang terakhir.

Bahkan, Ustaz Zacky Mirza sampai masuk ke dalam liang lahat Jupe.

Di dalam liang lahat Jupe tersebut, Ustaz Zacky Mirza mengaku melihat jenazah Jupe mangeluarkan air mata.

"Sebenernya itu hal yang wajar, saya memang lihat (Jupe keluarkan airmata) dan saya yang ngelap pakai kain kafan," ungkap Ustaz Zacky Mirza kepada Grid.ID di Studio Trans7 di Jl. H. R. Rasuna Said, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2017).

Meski demikian, Ustaz Zacky Mirza menjelaskan, jika keluarnya airmata Jupe tersebut merupakan hal yang wajar karena syaraf orang yang sudah meninggal berbeda dengan orang yang masih hidup.


"Dan yang perlu kita ketahui, orang kalau meninggal itu biasanya setelah di kubur, beberapa jam ke depan karena syarafnya udah nggak ada, nggak hidup, banyak cair-cairan yang keluar dari beberapa celah, dari mata, dari hidung, dari telinga, bahkan dari kemaluan sekalipun," cerita Ustaz Zacky Mirza.

"Itu kan karena syarafnya sudah nggak terkontrol, jadi ketika seorang melihat jenazah keluar airmata itu hal biasa, mungkin karena dia (Jupe) senang, berbulan-bulan sakit akhirnya lepas juga," jelasnya.

Senyuman Jupe

Sebuah akun fanbase Jupe, @jupenizervip, mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan jenazah Jupe.

Dalam foto tersebut, wajah Jupe yang sudah dikafankan tampak tersenyum.

Ustaz Zacky Mirza angkat bicara mengenai wajah Jupe tersebut.

"Kepada orang yang sudah meninggal kita harus banyak-banyak baik sangka, walau dia meninggal dalam keadaan nggak baik, kita harus tetap berbaik sangka," jelasnya.

"Kewajiban kita harus baik sangka. Baik sangka bukan hanya untuk orang hidup, tapi orang sudah mati pun juga," imbuhnya kembali.

Dengan begitu, ustaz Zacky Mirza beranggapan semoga jenazah Jupe dalam keadaan baik sehingga tersenyum.

"Jadi kalau kita melihat jenazah Jupe senyum dan sebagainya, berbanyak baik sangka, ya mudah-mudahan dia dipanggil oleh Allah dalam keadaan yang baik, apalagi ini bulan Ramadan," tutur Ustaz Zacky.

Sepuluh Fakta Ilmiah dan Bukti dalam Al Qur'an

Fakta Ilmiah dalam Al Quran telah terbukti kebenarannya yang banyak ditemukan oleh para ilmuwan. Setiap Rasul yang diutus Allah SWT kepada manusia dibekali dengan keistimewaan-keistimewaan yang disebut mukjizat.


Mukjizat ini bukanlah kesaktian ataupun tipu muslihat untuk memperdayai umat manusia, melainkan kelebihan yang Allah SWT berikan untuk meneguhkan kedudukan para Rasulnya dan mempertegas seruan (dakwah) mereka agar manusia beriman kepada Allah SWT dan tidak mempersekutukan-Nya (tauhid).

Namun mukjizat setiap nabi dan Rasul berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan karakter dan kondisi kaumnya yang menjadi objek dakwah. Lalu, apakah mukjizat Nabi Muhammad saw?

Para ulama sependapat, di antara sekian banyak mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad saw, yang terbesar adalah Alquran. Alquran adalah kitab suci penyempurna kitab-kitab suci para nabi sebelumnya. Alquran bukan hanya petunjuk untuk mencapai kebahagiaan hidup bagi umat Muslim, tapi juga seluruh umat manusia.

Salah satu keajaiban Alquran, adalah terpelihara keasliannya dan tidak berubah sedikitpun sejak pertama kali diturunkan pada malam 17 Ramadan 14 abad yang lalu hingga kiamat nanti. Otentisitas Alquran sudah dijamin oleh Allah, seperti dalam firman-Nya, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan Sesungguhnya Kami pula yang benar-benar memeliharanya.” (QS Al-Hijr: 9)

Bukti otentisitas ini adalah banyaknya penghafal Alquran yang terus lahir ke dunia, dan pengkajian ilmiah terhadap ayat-ayatnya yang tak pernah berhenti. Kejaibannya, meski Alquran diturunkan 14 abad lalu, namun ayat-ayatnya banyak yang menjelaskan tentang masa depan dan bersifat ilmiah. Bahkan dengan kemajuan ilmu dan teknologi saat ini, banyak ayat-ayat Alquran yang terbukti kebenarannya. Para ilmuwan telah berhasil membuktikan kebenaran itu melalui sejumlah ekperimen penelitian ilmiah.

Berikut sepuluh fakta ilmiah Alquran yang dihimpun dari berbagai sumber, di mana berbagai penemuan ilmiah saat ini ternyata sesuai dengan ayat-ayatnya.

1. Fakta penciptaan berpasang-pasangan

Alquran surat Yaasin ayat 36 menjelaskan, Allah menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasang. Dalam ayat lain, Allah uga berfirman, “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.” (QS Adz-Zaariyat: 49).

Menurut ayat ini, Allah menciptakan yang berpasangan tidak hanya manusia, melainkan segala sesuatu yang tumbuh dari bumi dan berbagai partikel yang tidak terlihat mata.

Seorang ilmuwan asal Inggris, Paul Dirac, berhasil melakukan penelitian yang membuktikan bahwa materi diciptakan secara berpasangan. Penemuannya dinamakan ‘Parite. Dia memperoleh Nobel di bidang fisika pada tahun 1933 karena penemuannya itu.

2. Fakta tentang besi

Besi adalah salah satu logam berat yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Dalam Alquran surat Al Hadiid ayat 25 menjelaskan bahwa Allah menurunkan besi yang memiliki kekuatan hebat dan memiliki banyak manfaat bagi manusia.

“Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Alkitab dan neraca (keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami turunkan (anzalnaa) besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya, padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat lagi Mahaperkasa.”

Dalam ayat ini, kata “anzalnaa” memiliki arti “kami turunkan” digunakan untuk menunjuk besi. Apabila diartikan secara kiasan kata “anzalnaa” menjelaskan bahwa besi diciptakan untuk memberi manfaat bagi manusia.

Apabila mengartikan kata itu secara harfiah, yakni “secara bendawi diturunkan dari langit”, maka diperoleh arti bahwa besi diturunkan dari langit. Beberapa ilmuwan telah berhasil membuktikan kebenaran ayat itu. Partikel besi tidak berasal dari bumi melainkan berasal dari benda-benda luar angkasa.

Paling tidak, terdapat sembilan ayat dalam Alquran yang membahas dan menjelaskan tentang besi. Salah satunya, “Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).” (QS An-Nahl: ayat 81)

3. Fakta tentang garis edar tata surya

Matahari, planet, satelit dan benda langit lainnya bergerak dalam garis edarnya masing-masing. Alquran surat Al Anbiya ayat 33 dan surat Yaasin ayat 38 menjelaskan mengenai fakta ilmiah itu dan terbukti kebenaranya.

Banyak ayat dalam Alquran yang menjelaskan tentang alam semesta dan tata surya. Beberapa di antaranya seperti:

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS Al Anbiya:33)

“Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS Yaa Siin: 38)

“Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua.” (QS Yaa Siin: 39)

“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS Yaa Siin: 40)

Pengamatan astronomi telah membuktikan kebenaran fakta ini. Menurut ahli astronomi, matahari bergerak sangat cepat dengan kecepatan mencapai 720 ribu km per jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang dinamakan Solar Apex.

Selain matahari, semua planet dan satelit dalam sistem gravitasi matahari juga berjalan menempuh jarak ini. Semua bintang yang ada di alam semesta juga berada dalam suatu gerakan serupa.

4. Fakta tentang penciptaan manusia dalam 3 tahap

Dalam Alquran surat Az Zumar ayat 6 dijelaskan, manusia diciptakan dalam tubuh ibunya dalam tiga tahapan.

“Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?”

Perkembangan ilmu Biologi modern telah berhasil mengungkap petunjuk dari ayat itu. Pertumbuhan bayi di dalam rahim melewati tiga tahap (tiga kegelapan). Alquran menggunakan istilah ‘kegelapan’ karena memang proses penciptaan manusia dalam perut ibu terjadi di dalam rahim yang gelap. Tahap-tahap itu, pertama, tahap Pre-embrionik, zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel kemudian menjadi segumpalan sel yang membenamkan diri pada dinding rahim. Seiring pertumbuhan zigot, sel-sel penyusunnya mengatur diri mereka sendiri untuk membentuk tiga lapisan.

Kedua, tahap Embrionik yang berlangsung lima setengah minggu. Bayi pada tahap ini disebut “embrio”. Organ dan sistem tubuh bayi juga mulai terbentuk.

Ketiga tahap fetus yang dimulai sejak kehamilan bulan 8 hingga lahir. Pada tahap ini bayi telah menyerupai manusia dengan wajah, kedua tangan dan kakinya.

5. Fakta tentang jenis kelamin bayi

Hasil penemuan ilmu genetika abad 20 menjelaskan bahwa jenis kelamin seorang bayi ditentukan oleh air mani dari pria. Dalam air mani pria terdapat kromosom x yang berisi sifat-sifat kewanitaan dan kromosom y berisi sifat kelaki-lakian. Sedangkan dalam sel telur wanita hanya mengandung kromosom x yang mengandung sifat-sifat kewanitaan. Jenis kelamin seorang bayi tergantung pada sperma yang membuahi, apakah mengandung kromosom x atau y.

Alquran telah menjelaskan fakta itu dalam surat An Najm ayat 45-46, “Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan.” Sebelum penemuan itu diperoleh, masyarakat menganggap bahwa penentu jenis kelamin berasal dari wanita.

6. Fakta tentang sidik jari manusia

Setiap manusia memiliki ciri sidik jari yang unik dan berbeda antara satu orang dengan lainnya. Keunikan sidik jari baru ditemukan pada abad 19. Sebelum penemuan itu, sidik jari hanya dianggap sebagai lengkungan biasa yang tidak memiliki arti.

Alquran surat Al Qiyaamah ayat 3-4 menjelaskan tentang kekuasaan Allah untuk menyatukan kembali tulang belulang orang yang telah meninggal, bahkan Allah juga mampu menyusun kembali ujung-ujung jarinya dengan sempurna.

QS Al Qiyamah ayat 3-4:
“Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?”
“Bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna.”

7. Fakta tentang menyusui bayi selama 2 tahun

Air susu ibu atau ASI sangat bermanfaat bagi bayi. ASI adalah sumber makanan terbaik bagi bayi dan mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak ada susu buatan manusia yang mampu menandingi kualitas ASI.

Alquran surat Luqman ayat 14 menganjurkan manusia untuk berbuat baik kepada ibu bapaknya, ibunya telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Surat ini menjelaskan bahwa waktu yang terbaik untuk memberikan ASI bagi seorang bayi adalah 2 tahun karena memberikan banyak manfaat.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

8. Fakta tentang relativitas waktu

Albert Einstein pada awal abad 20 berhasil menemukan teori relativitas waktu. Teori ini menjelaskan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan. Waktu dapat berubah sesuai dengan keadaannya. Beberapa ayat dalam Alquran juga telah megisyaratkan adanya relativitas waktu ini, di antaranya dalam Alquran surat Al Hajj ayat 47, surat As Sajdah ayat 5 dan Alquran surat Al Ma’aarij ayat 4.

“Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS Al Hajj: 47)

“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.” (QS As Sajdah:5)

“Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun.” (QS Al Ma’arij:4)

Beberapa ayat Alquran lainnya menjelaskan, manusia terkadang merasakan waktu secara berbeda, waktu yang singkat dapat terasa lama dan begitu juga sebaliknya.

9. Fakta tentang gunung

Gunung tidak hanya memperindah pemandangan. Dikaji dari ilmu geologi, gunung berfungsi sebagai penyeimbang bumi dari goncangan. Gunung muncul karena tumbukan lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip ke bawah sedangkan lempengan yang lemah melipat ke atas membentuk dataran tinggi dan gunung.

Alquran menjelaskan fungsi gunung dalam beberapa ayat di antaranya dalam surat Al Anbiyaa ayat 21 dan surat An Naba’ ayat 6-7. Gunung diibaratkan sebuah paku yang menjadikan lembaran kayu tetap saling menyatu.

“Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka, dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.” (QS Al Anbiya:31)

“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?,” (QS An Naba’: 6-7)

10. Fakta tentang dasar lautan yang gelap

Manusia tidak mampu menyelam di laut dengan kedalaman di bawah 40 meter tanpa peralatan khusus. Dalam sebuah buku berjudul Oceans juga dijelaskan, pada kedalaman 200 meter hamper tidak dijumpai cahaya, sedangkan pada kedalaman 1000 meter tidak terdapat cahaya sama sekali.

Kondisi dasar laut yang gelap baru bisa diketahui setelah penemuan teknologi canggih. Namun Alquran telah menjelaskan keadaan dasar lautan semenjak ribuan tahun lalu sebelum teknologi itu ditemukan. Alquran surat An Nur ayat 40 menjelaskan mengenai fakta ilmiah ini.

“Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikit pun.” (QS An Nuur: 40).

Arti Mimpi Bertemu Artis atau Orang Terkenal

“Percaya enggak percaya, semalem ane mimpi ketemu Luna Maya (artis),” kata Mat Soge kepada sahabatnya, Udin di sebuah kedai kopi.


“Maknanya kira-kira apa yah? Apa ane bakal dapet jodoh kayak bidadari?” lanjut Mat Soge.

“Kata temen sih mimpi kayak gitu itu bisa diartiin

kita bakal dapet keberuntungan. tapi tau dah bener apa enggak,” jawab Udin singkat.

—————————–

Apakah anda pernah bermimpi bertemu dengan seorang artis atau orang terkenal? Mimpi tersebut menjadi pertanda jika kabar baik akan menghampiri kehidupan anda.

Sebab mimpi bertemu artis atau orang terkenal bisa diartikan sebagai pertanda jika anda akan mencapai sesuatu yang luar biasa. Entah dalam kaitan rizki, jodoh atau sesuatu yang anda harap-harapkan.

Mengungkap Mistis Mencadin di Kota Pangkalpinang

Mencadin menurut cerita sebagaian besar masyarakat Bangka dikenal dengan sosok hantu yang menyerupai pocong yang berbau busuk. Konon asal muasal hantu ini adalah sosok manusia yang dalam perjalanan hidupnya sering melakukan kemaksiatan, oleh sebab itu lah dalam konsep keagamaan sosok manusia seperti ini ketika mati tidak diterima “bumi” sehingga arwanya gentayangan sampai 40 hari kematiannaya.


Menimbulkan pertanyaan di masyarakat sejak seminggu yang lalu ‘ada Mencadin Di Kota Pangkapinang' hampir 7500 masyarakat yang mengupdate www.media-babel.com berdasarkan penelusuran kami baik di facebook maupun di Twitter serta media sosial lainnya maka simak komentar komentar rekan rekan :

Mey’s Imelda Soewandy
Kalo bener tu cerita mba yayuk kmungkinan bisa jadi, krn mba yayuk tu mantan PSK, trus nikah kek orang dkt daerah kp opas, sedgkan org yg nikahin die tu meninggal krn terjangkit pnyakit tsb..trus mba tu nikah lagi sm orang pedatang tp tinggal di kp opas juga (pedagang es kelapa) dkt SPBU kp opas.. tp pernikahan e tu dag berlangsung lama krn suami e tu maen serong kek perempuan lain, terus mba tu ngontrak dag jauh dr rumah ku, tp dag sanggup bayar kontrakan 3 bulan mba tu ngilang.. dgr2 sih die kmbali ke lokalisasi di pasir padi, dan desas desus mba tu ngidap penyakit tu lah kami ketahui soal e suami die yg dulu tu meninggal karna HIV AIDS juga..

Kami juga denger selentingan soal die meninggal di RSUD tu, krn pas di lokalisasi pasir padi tu die lah sakit keras dan org2 di lokalisasi tu dag sanggp mengatasi penyakit mba tu…

kami juga tau die meninggal dan gentayangan, bang… bahkan ade warga yg pernah ade sangkutan kek die tu di datangi e… cm KATANYA lah di cerudik biar die dag gentayangan agik…

tapi aneh ok, masih ade smpe skarang die gentayangan dan lokasi e tu pangkalpinang…

dan itu pun kalo bener tu hantu nya “Mba Yayuk” salah satu pengajuan, dan yang pasti dunia lain ada di sekitar kita.

Berbeda lagi dengan cerita rekan kita satu ini

Riendra
Rumor hantu PSK bikin parno
Belakangan ini kota ku lagi geger, bukan karena kasus markus atau atau bentrokan seperti di priuk. Yang bikin warga kota pangkalpinang heboh, katanya ada hantu PSK yang gentayangan. Entahlah…banyak versi cerita yang beredar, mulai dari warung kopi sampe pembicaraan hangat di kantor-kantor. Ada yang bilang si hantu udah jalan muter kota pangkalpinang (bingung, hantu jalan atau terbang ya??),terus ada juga pengakuan sebagian masyarakat yang melihat dan kerasukan hantu PSK itu.

Ceritanya beberapa waktu yang lalu, ada seorang PSK yang tewas karena penyakit HIV AIDS, karena sudah sekarat, akhirnya sang PSK tewas mengenaskan. Dia warga pendatang dan hanya sebatang kara di Pangkalpinang, saat sakaratul maut, tidak ada seorang pun yang mau mengurusi mayatnya, termasuk Mami yang mendatangkan ia dan mempekerjakannya sebagai PSK.

Versi cerita yang beredar, akhirnya jenazah di kubur oleh beberapa orang anak yang menemukan jenazah tersebut. Dengan dibalut selimut tebal jenazah dikubur secara tidak layak di kawasan wisata pantai tanjung bunga. Pasca kejadian tersebut masyarakat disekitar kawasan heboh kalau ada setan perempuan gentayangan di sekitar lokasi tersebut.

Rumor ini terus beredar dan bikin heboh masyarakat. Ada sebagian versi cerita yang mengatakan kalau hantu PSK ini udah jalan muter kota dan nggak pandang buluh mengganggu warga, ada juga yang bilang kalau hantu ini hanya mengganggu wanita yang sedang hamil. Bahkan ada lagi versi cerita yang mengatakan kalau hantu PSK ini mencari orang-orang yang pernah “memakai” nya. Entahlah banyak versi, udah kayak sinetron si manis jembatan ancol aja.

Tapi yang jelas rumor-rumor ini bikin resah masyarakat, khususnya anak-anak dan juga ibu-ibu rumah tangga. Buktinya tadi ada tetangga yang maen kerumah cerita kalau hantu itu udah jalan kemana-mana dan bikin takut warga.

Kejadian ini bikin parno temen sekantor ku, setiap hari dia cerita kalau susah tidur malem-malem karena rumor yang beredar itu. Ke “parno” an temen ku ini ternyata menular kepadaku, satu malam yang lalu kira-kira pukul 00.13 wib, aku masih melototin lappy di atas meja komputer kamarku, tiba-tiba aku mencium bau wangi, tapi susah ditebak baunya seperti apa, bingung antara wangi melati, kenangan atau kayu cendana.

Untuk mengurangi efek rasa takut, aku pura-pura berdehem dan lirik-lirik jendela kamar, kali aja ada yang lagi memantau aktifitas ku dari luar. Usaha ku nggak sebatas itu aja, berusaha meminimalisir ketakutan ku, aku menerka-nerka lagi bau wangi ini, mungkinkah ini bau minyak angin atau minyak urut GPU. Tidak berhasil mengurangi rasa takut dan kecurigaanku, akhirnya aku matikan lappy dan menenggelamkan kepala ku di kasur.

Dan malam tadi, kira-kira pukul 00.25 wib, aku kembali mencium bau wangi itu, sempet merinding dengat tingkat ketakutan yang menakjubkan, aku mencoba melirik-lirik barang-barang di atas meja peralatanku dan bertekad memecahkan misteri ini. belum juga kutemukan dari mana sumber bau wangi ini, aku masih berusaha keras untuk terus menyelidik. Akhirnya mataku tertuju pada satu buah jeruk purut yang ada di atas rak kosmetik. Jeruk purut kecil yang kulitnya sudah kecoklatan dan hampir membusuk, wajar saja bau itu bersumber dari sana, karena kondisi jeruk itu sudah membusuk. Untuk meyakinkan aku coba mencium, ternyata benar, bau itu bersumber dari sini. aneh, kok aku baru ngeh ya, jeruk purut yang sudah busuk bisa menimbulkan bau wangi (kalo ada yang nggak percaya boleh dicoba, nyimpen jeruk purut didalam kamar sampe busuk)

Lucu, aku baru inget, 2 minggu yang lalu, adik ayahku menyarankan aku untuk mengompres jerawatku dengan perasan jeruk purut dengan air hangat, konon katanya resep tersebut ampuh membunuh bakteri pada jerawatku yang meradang. Langsung aja aku beli, tapi dasar pemalas, hanya bisa beli nggak sampe di praktekin, alhasil jeruk purut itu busuk mengenaskan di atas rak kosmetik.

Mengenai rumor ini yang jelas semua berpulang kepada kita, penghuni bumi ini bukan hanya manusia, banyak makhluk lain yang terlihat dan tak terlihat, yang baik dan yang jahat, apapun itu, manusia atau hantu sekalipun, mungkin punya misi dan tujuan masing-masing mengapa bisa “mengganggu”, yang jelas kita jangan saling mengusik. Mari kita bertawakal kepada Allah, dengan hanya mengingat Allah tidak ada yang perlu kita takuti selain ALLAh Sang Pencipta.

Ada Mencadin Berkeliaraan Di Pangkalpinang

Hantu Berbau Busuk dan Menakutkan
Menakutkan, itulah gambaran seram dari cerita horor yang berkembang dari masyarakat pulau Bangka. Apalagi kalau bukan Dunia yang identik dengan fenomena setan atau hantu. Uniknya hantu atau setan selalu-berbeda di setiap. Misalnya di Amerika atau dunia Barat ada jenis hantu, Drakula yaitu hantu dengan jubah hitanm bertaring panjang yang haus akan darah manuisa yang berkeliaran pada malam hari, di Cina ada Vampir serta di Indonesia ada kuntilanak serta Pocong.

Mencadin
Yang pertama adalah “Mencadin”. Mencadin menurut cerita sebagaian besar masyarakat Bangka dikenal dengan sosok hantu yang menyerupai pocong yang berbau busuk. Konon asal muasal hantu ini adalah sosok manusia yang dalam perjalanan hidupnya sering melakukan kemaksiatan, oleh sebab itu lah dalam konsep keagamaan sosok manusia seperti ini ketika mati tidak diterima “bumi” sehingga arwanya gentanyangan samapi 40 hari kematiannaya.

Kota Pangkalpinang dihebohkan dengan isu Hantu Gentayangan yang katanya sedang berkeliling mengitari kawasan Pangkalpinang. Ada yang was-was, dan ada pula yang biasa-biasa saja, ada yang realistis modern, dan ada pula yang berpikir tradisional. Hantu Gentayangan atau ‘Mencadin’ kata Orang Bangka merupakan Hantu seorang wanita PSK. Banyak kabar yang beredar dan juga berbagai versi mengenai isu ini, katanya wanita itu meninggal di Rumah Sakit Daerah di Pangkalpinang karena mengidap AIDS, pihak RS sendiri kemungkinan tidak bertanggung jawab dalam menangani pasien ini, pasalnya pasien yang dimungkinkan merupakan warga pendatang yang tidak mempunyai sanak saudara di Bangka, tidak dilayani sewajarnya oleh pihak RS, saat meninggal pihak RS tidak memandikan mayat (kabarnya karena pihak RS takut tertular, padahal HIV/AIDS bisa menular jika berhubungan kelamin, dan Darah, seharusnya pihak RS pastinya sangat sudah mengerti hal semacam itu), tidak menyholatkan, juga tidak di kubur sewajarnya orang Islam dikuburkan.

Desas-desusnya, Pasien yang katanya hanya dikuburkan oleh 2 orang layaknya menguburkan bangkai binatang. Banyak juga yang mengatakan kalau di kuburkan di TPU Air Itam, dan juga banyak yang bilang di TPU Sampur.

Kenapa bergentayangan?
- Asumsi pertama. Banyak asumsi kalau Mencadin itu bergentayangan karena tidak dimandikan, dishalatkan, dan dikuburkan secara layak dan sewajarnya orang Islam.
- Asumsi kedua. Banyak yang berasumsi kalau mencadin itu menggunakan tattoo, tindik, dan juga susuk di badannya, bergentayangan sebenarnya bukan bermaksud untuk menakut-nakuti tapi hanya untuk meminta pertolongan agar di buka/ambil susuk, tindik dan semacamnya yang terdapat dibadannya. Tapi kalau yang namanya bertemu dengan ‘benda’ seperti itu tidak semua manusia yang berani menghadapinya. Saya mendapat informasi mengenai asumsi kedua ini, kalau anak dari teman orang tua saya yang tinggal di Semabung sempat dikagetkan dengan penampakan Mencadin wanita itu tepat didepannya saat waktu Maghrib.

“dia menjerit kaya anjing, tapi lebih ngeri mendengarnya.. wajahnya buruk, dia minta tolong buka susuknya, ku lari karna takut”.

Sebelum kejadian itu, pasalnya anak ini mendengar info tentang mencadin itu dari ibunya, dan anak ini tidak percaya.

“ahh masa sih.. Bohong tuh.. tidak akan ada apa-apa.. tidak akan mendatangi kita..”
- Asumsi ketiga. Gabungan antara asumsi pertama dan kedua, dan katanya tertarik pada perawan. Entah untuk tujuan apa dan bermaksud apa.

Katanya, kawasan-kawasan di pangkalpinang yang sudah heboh dan sempat dilalui mencadin itu adalah daerah Ketapang, Sampur, Air Itam, Semabung, Pancur, dan baru-baru ini di Parit Lalang. Ada yang bilang kalau kuburan wanita itu sudah didatangi oleh perangkat masyarakat di sekitar pemakaman, dan diidentifikasi kalau kuburannya longsor.

Entah sampai kapan isu ini akan hilang. Percaya atau tidak?. Itu lah isu. Saya jadi teringat dengan masa-masa saat saya masih kecil dulu, Pangkalpinang juga didera isu yang sama seperti ini. Isu hantu pemerkosa perawan (bahasa kerennya seperti ini) yang sangat heboh, sampai-sampai stok Daun Kelor dan Duri Rukem (tumbuhan yang katanya bisa menangkal hantu) yang di letakkan di atas pintu dan jendela tiap-tiap rumah yang ada di Pangkalpinang hampir habis dan memungkinkan karena isu itu tumbuhan-tumbuhan semacam itu sudah langka saat ini. Banyak yang menyebutkan kalau ‘benda’ itu berupa wujud babi bertubuh manusia dan besar dan sudah memakan banyak korban perawan. Seiring berjalannya waktu, isu ini pun berangsur-angsur lenyap. Tidak ada lagi pemanfaatan daun kelor dan duri rukem. Sama halnya dengan isu yang menghebohkan di daerah Jawa sana mengenai Kolor Ijo. Entah siluman atau jin yang berwujud manusia tinggi besar berperut buncit dan berambut gondrong yang hanya menggunakan kolor berwarna ijo yang juga mengincar perawan. Kalau dipikir-pikir memang betapa susahnya jadi perawan ya?.

Kita lihat saja isu lokal ini akan bagaimana ‘hidup’nya dan sejauhmana dampaknya nanti.

Presiden Sukarno membahas tentang siapa itu Satria Piningit, Ratu Adil, dan Zaman Keemasan Indonesia

RAMALAN JAYABAYA, adalah ramalan tentang keadaan Nusantara di suatu masa di masa datang. Dalam Ramalan Jayabaya itu dikatakan, akan datang satu masa penuh bencana.


Gunung-gunung akan meletus, bumi berguncang-guncang, laut dan sungai, akan meluap. Ini akan menjadi masa penuh penderitaan. Masa kesewenang-wenangan dan ketidakpedulian. Masa orang-orang licik berkuasa, dan orang-orang baik akan tertindas. Tapi, setelah masa yang paling berat itu, akan datang jaman baru, jaman yang penuh kemegahan dan kemuliaan. Zaman Keemasan Nusantara. Dan jaman baru itu akan datang setelah datangnya sang Ratu Adil, atau Satria Piningit.

Ramalan Jayabaya ditulis ratusan tahun yang lalu, oleh seorang raja yang adil dan bijaksana di Mataram. Raja itu bernama Prabu Jayabaya (1135-1159). Ramalannya kelihatannya begitu mengena dan bahkan masih diperhatikan banyak orang ratusan tahun setelah kematiannya. Bung Karno pun juga merasa perlu berkomentar tentang ramalan ini.

“Tuan-tuan Hakim, apakah sebabnya rakyat senantiasa percaya dan menunggu-nunggu datangnya “Ratu Adil”, apakah sebabnya sabda Prabu Jayabaya sampai hari ini masih terus menyalakan harapan rakyat ? Tak lain ialah karena hati rakyat yang menangis itu, tak habis-habisnya menunggu-nunggu, mengharap-harapkan datangnya pertolongan. Sebagaimana orang yang dalam kegelapan, tak berhenti-berhentinya menunggu-nunggu dan mengharap-harap “Kapan, kapankah Matahari terbit?”.

Sukarno, 1930, Indonesia Menggugat


Ramalan Jayabaya ini memang lumayan fenomenal, banyak ramalannya yang bisa ditafsirkan “mirip” keadaan sekarang. Diantaranya :

1. Datangnya bangsa berkulit pucat yang membawa tongkat yang bisa membunuh dari jauh dan bangsa berkulit kuning dari Utara ( jaman penjajahan ).

2. “kreto mlaku tampo jaran”, “Prau mlaku ing nduwur awang-awang”, kereta tanpa kuda dan perahu yang berlayar di atas awan (mobil dan pesawat terbang?)

3. Datangnya jaman penuh bencana di Nusantara (Lindu ping pitu sedino, lemah bengkah, Pagebluk rupo-rupo, gempa 7 x sehari, tanah pecah merekah, bencana macam-macam.

4. Dan ia bahkan (mungkin) juga meramalkan global warming, “Akeh udan salah mongso”, datangnya masa dimana hujan salah musim.

Nah, naik turunnya peradaban sebenarnya sudah banyak dianalisis, bahkan sejak ratusan tahun lalu. Diantaranya oleh Ibnu Khaldun (Muqaddimah, 1337, Wikipedia : Ibn Khaldun), Gibbon (Decline and Fall, 1776), Toynbee (A Study of History), atau Jared Diamond. Intinya sederhana. Manusia atau bangsa, bisa berubah. Manusia bisa lupa, dan sebaliknya juga bisa belajar. Bangsa bisa bangkit, hancur, dan bisa juga bangkit lagi.

Bagaimana dengan Satria Piningit?
Banyak juga teori tentang manusia-manusia istimewa yang datang membawa perubahan. Di dunia, orang-orang itu sering disebut “Promethean”, diambil dari nama dewa Yunani Prometheus yang memberikan api (pencerahan) pada manusia. Toynbee menamakannya Creative Minorities. Tapi mereka bukan sekedar “manusia-manusia ajaib”, melainkan orang-orang yang memiliki kekuatan dahsyat, yaitu kekuatan ilmu, dan kecintaan pada bangsanya, sesama manusia, dan pada Tuhannya. Lihat misalnya berapa banyak hadis Nabi Muhammad tentang pentingnya ilmu. Dan perhatikan lanjutan pidato Bung Karno ini :

“Selama kaum intelek Bumiputra belum bisa mengemukakan keberatan-keberatan bangsanya, maka perbuatan-perbuatan yang mendahsyatkan itu (pemberontakan) adalah pelaksanaan yang sewajarnya dari kemarahan-kemarahan yang disimpan … terhadap usaha bodoh memerintah rakyat dengan tidak memperhatikan dengan sungguh-sungguh keinginan-keinginan dan kepentingan-kepentingan mereka…”

Satria piningit, adalah orang-orang yang peduli pada bangsanya, berilmu tinggi, dan telah memutuskan untuk berbuat sesuatu. Merekalah, dan hanya merekalah yang bisa melawan kehancuran, dan akhirnya membangkitkan peradaban.

Di jaman kegelapan, selalu ada saja orang yang belajar. Diantara banyak orang lupa, selalu ada saja orang baik. Bahkan walau cuma satu orang. Kadang, kerusakan itu justru membakar jiwanya untuk berbuat sesuatu. Belajar, Berjuang, Berkorban. Seperti Nabi Muhammad yang melihat bangsanya hancur, atau Sukarno yang melihat bangsanya diinjak-injak. Mereka lalu berjuang menyelamatkan bangsanya. Promethean, Ratu Adil yang mendatangkan zaman kebaikan.

Ramalan Jayabaya mungkin bisa dipahami secara ilmiah, bahwa manusia dan peradaban memang selalu bisa bangkit, hancur, dan bangkit lagi. Dan mungkin karena Jayabaya menyadari manusia bisa lupa, dia sengaja menulis ini sebagai peringatan agar manusia tidak lupa. Dan itulah satu tanda kearifan sang Prabu Jayabaya.

Mungkin, ini juga dorongan pada manusia agar selalu berbesar hati, optimis. Bahwa di saat yang paling berat sekalipun, suatu hari akhirnya akan datang juga Masa Kesadaran, Masa Kebangkitan Besar, Masa Keemasan Nusantara.

Percaya atau tidak ? Anda tidak perlu percaya, tidak perlu tidak percaya. Bagaimanapun ini adalah cerita yang penuh pesan. Belipit, Ornot.
Back To Top