Fenomena Alam Diluar Nalar Yang Benar-Benar Terjadi di Bumi


Akhir-akhir ini anda mungkin pernah mendengar fenomena-fenomena aneh yang terjadi di sekitar kita. Kadang fenomena tersebut hanya bisa membuat kita geleng-geleng kepala dan menimbulkan banyak pertanyaan bagi kita. Dari hujan darah di India hingga pohon pelangi di Indonesia. Berikut ini fenomenanya.
Ombak Pororoca


Fenomena ini terjadi pada saat arus pasang dari Samudra Atlantik bertemu di mulut Sungai Amazon. Hal ini menimbulkan ombak yang berdiri setinggi 12 kaki dan dapat bertahan hingga setengah jam. Hal tersebut membuat ombak sungai ini terkenal di beberapa peselancar dunia. Namun ombak ini juga berbahaya karena terkadang membawa beberapa sebatang pohon penuh yang tercabut saat ombak menghempas.

Batu Berjalan


Batu berjalan merupakan hal yang cukup terkenal di kalangan dunia karena menjadi misteri ilmu pengetahuan selama seabad. Batu-batu ini didapati berpindah tempat. Seolah ada kekuatan magis yang membuat batu tersebut berjalan dan hanya meninggalkan bekas geseran lumpur. Tahun 2011 lalu para peneliti batu ini secara tidak sengaja menguak misteri batu berjalan di Death Valley tersebut. Mereka mengatakan batu ini berjalan disebabkan oleh kejadian-kejadian alam lainnya. Batu ini berpindah tempat sekitar 2 hingga 6 meter per menit.

Tornado Api

Tornado api atau pusaran api, merupakan kejadian unik dan langka yang mengakibatkan api panas berputar layaknya tornado. Namun, berbeda dengan tornado yang merusak, tornado api memiliki diameter yang relatif kecil dan hanya berlangsung beberapa saat. Meskipun kejadian ini sangat langkah terjadi, namun sejatinya fenomena ini merupakan hal umum. Tornado api disebabkan oleh proses 'pyro-tornadogenesis'.

Kristal Raksasa

Fenomena ini sendiri terletak di gua di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko. Tidak ada staglamit atau stalagtit, kristal ini justru menyimpan harta karun tersembunyi. Sebuah kristal raksasa setinggi 12 meter memenuhi gua ini. Pernah seseorang mencoba untuk mencuri kristal di gua ini dengan cara memotongnya. Tapi yang terjadi, ia malah mendapatkan luka yang dalam akibat goresan kristal tersebut.

Pohon Pelangi

Ketika pertama kali melihat pohon tersebut agan berpikir mungkin pohon ini dicat dengan warna-warni. Pohon ini sebenarnya bernama Eucalyptus Deglupta, warna-warni dari pohon ini muncul akibat getah yang keluar dari dalam pohon mengenai kulit pohon di bagian lain yang membentuk suatu lapisan warna. Penyebaran pohon ini meliputi Britania Raya, Papua Nugini, Pulau Seram, Pulau Sulawesi, dan Mindanao (Filipina).

Bioluminescene


Adalah emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Hingga saat ini bioluminescene banyak ditemukan di beberapa makhluk hidup seperti jamur, bakteri, dan organisme perairan. Kadang kemunculan dari beberapa makhluk hidup yang dapat melakukan bioluminescene menimbulkan sebuah pemandangan yang sangat indah dan epik. Contohnya adalah hewan Firefly squid dimana mereka sering berada di pinggir pantai dan menimbulkan pemandangan yang luar biasa.

Pegunungan Pelangi


Kalau kita sering melihat gunung yang hijau tertutup oleh pepohonan atau putih tertutup oleh salju, maka gunung yang satu ini sangatlah berbeda. Yak, gunung ini berwarna seperti pelangi yang membuat hal ini menjadi fenomena yang sangat aneh dan unik. Pegunungan ini dapat agan temukan di China dan tercipta karena tersusun oleh mineral yang bermacam-macam warna dan menyatu yang membuat warna gunung ini menjadi warna-warni.

Kolom Basal

Kolom Basal merupakan fenomena aneh dan unik batuan yang membentuk formasi unik yang sangat indah apabila dipandang. Banyak sekali formasi batuan basal yang dapat ditemukan di dunia. Contohnya seperti formasi basal di Kepulauan Canary, Spanyol. Pilar-pilar ini adalah sisa-sisa lava gunung berapi yang kuat. Seiring waktu, erosi membentuk batuan tersebut menjadi sebuah karya seni alami.

Awan Lenticular

Awan Lenticular adalah sejenis awan yang unik biasanya terbentuk di sekitar bukit dan pegunungan yang terjadi akibat hasil pergerakkan udara di kawasan pegunungan. Berbeda dari awan-awan pada umumnya awan ini terlihat seperti piring terbang. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa langkah apabila kita melihatnya. Fenomena ini kerap terjadi hingga beberapa saat yang mengakibatkan perubahan angin atau cuaca dan awan menyebar lalu berpecah.

Sardine Run

Merupakan fenomena di mana sekelompok ikan sarden melakukan perjalanan di Afrika Selatan untuk mencari perairan hangat. Kumpulan sarden yang berenang ini dapat membentuk panjang sekitar 14 kilometer dan lebar 3,2 kilometer. Banyak wisatawan yang ingin melihat fenomena langkah ini mengingat hanya terjadi antara bulan Juni dan Juli. Karena ikan-ikan ini berenang kadang hingga ke permukaan membuat kita dapat melihatnya dari kapal atau dari atas pesawat.

Sungguh luar biasa, betapa indahnya fenomena yang di tunjukan oleh alam, ini baru terjadi di bumi
belum diluar angkasa sana, atau alam semesta nan jauh disana yang masih belum terungkap dan di lihat secara langsung oleh kita "manusia".

Labels: Aneh, Fenomena, Unik

Thanks for reading Fenomena Alam Diluar Nalar Yang Benar-Benar Terjadi di Bumi. Please share...!

0 Comment for "Fenomena Alam Diluar Nalar Yang Benar-Benar Terjadi di Bumi"

Back To Top