5 Misteri Ilmu Hasta Brata Kuno Dari Soekarno Hingga Eyang Subur

Hasta Brata merupakan ilmu kepemimpinan Jawa kuno yang digunakan oleh para Raja Raja Jawa untuk memimpin rakyatnya konon katanya siapa pun orang yang memiliki ilmu Hasta Brata ini mampu meluluhkan hati orang sehinga orang yang memiliki ilmu ini semua printah dan keinginanya akan dikabulkan siapa saja.



Nah berikut setidaknya ada 5 Misteri Ilmu Hasta Brata Kuno Dari Soekarno Hingga Eyang Subur yang menarik untuk disimak :

1. Delapan Karakter
Ilmu Hasta Brata memiliki 8 karakter yang harus di jalani untuk mendapatkan kesempurnaan dalam memimpin. Hasta Brata dapat diartikan menjadi; Hasta berarti delapan dan Brata berarti laku atau jalan spiritual. Delapan jalan menuju kesempurnan ini antara lain bumi, langit, angin, samudera, rembulan, matahari, api, dan bintang nah jika sorang yang menjalani ilmu ini sudah berhasil menyempurnakan 8 jalan ini maka ia akan menjadi pemimpin paling disegani.

2. Pewayangan
Dalam cerita perwayangan juga diceritakan kisah ilmu Hasta Brata ilmu ini disebut dalam cerita sebagai “Wahyu Makutha Rama” yang dimiliki oleh dua orang raja titisan dari Dewa Wisnu, yaitu Sri Rama Wijaya yang merupakan raja dari Kerajaan Ayodya, dan Sri Bathara Kresna yang merupakan raja dari Kerajaan Dwarawati.

3. Budaya Jawa
Kuno Ilmu Hasta Brata identik dengan budaya Jawa Kuno karena ilmu ini memang digunakan banyak orang jawa pada jaman dahulau. Bahkan Trilogi kepemimpinan dari Ki Hajar Dewantara yang berbunyi : “Ing Ngarso Sungtulodo, Ing Madyo Mangunkarso dan Tut Wuri Handayani” ; juga bersumber dari ilmu Hasta Brata tersebut.

4. Soekarno
Presiden Pertama Indonesia Soekaro juga diperkirakan memiliki ilmu Hasta Brata sehinga ia memiliki kewibawaan yang tingi dan disegani oleh lawan politik dan ditakuti pemimpin dunia lainya. Untuk mendapatkan ilmu Hasta Brata tersebut, dipercaya harus melakukan ritual macapatan dari sesudah maghrib hingga dini hari. Dalam ritual macapatan tersebut, harus melantunkan tembang seperti Mijil, Sinom, Kinanti, Asmaradana, Dandanggula, Pangkur, Durma, Pocung, Gambuh, Megatruh, dan Maskumambang. Dalam tembang-tembang tersebut, terdapat nilai-nilai luhur tentang kepemimpinan Jawa Kuno.

5. Eyang Subur
Eyang Subur yang lagi heboh heboh di TV ini menurut paranormal yang bernama Haryo Tali Jiwo memiliki ilmu Hasta Brata sehingga memiliki banyak Istri dan istri istrinya sangat loyal dan tidak mau dicerai. Menurut Haryo, ritual untuk menguasai Hasta Brata bisa dilakukan hingga berbulan-bulan; untuk menyatukan diri dengan alam. Keberhasilan menguasai ilmu ini didasarkan pada karakter positif manusia itu sendiri. Nah itulah sedikit misteri seputar ilmu Hasta Brata.

Labels: Misteri, Mistis

Thanks for reading 5 Misteri Ilmu Hasta Brata Kuno Dari Soekarno Hingga Eyang Subur. Please share...!

Back To Top