Apa Jadinya Bumi Tanpa Gunung?


Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. (Source : wikipedia.org)

Berbicara tentang gunung?? hmm..... puncak bogor?.... gunung krakatau?...... gunung kidul?...... gunung cewek?

Apakah agan tahu bagaimana jadinya kalo bumi nggak ada gunung? Dan apa yang akan terjadi pada bumi?

BUMI AKAN BERGONCANG 

Mungkin dari agan semua ada yang nggak tau kalo gunung itu sebagai pasak bumi. Atau gunung sebagai jangkar atau rem lempeng bumi?


Teori lempeng tektonik menyebutkan bahwa kulit bumi berupa 12 lempeng lithosfer setebal 5 sampai 100 km mengepung di atas substratum plastis (astenosfer), yang tebalnya sampai 3000 km. lempengan itu bergerak secara horizontal dan saling bertabrakan dari waktu ke waktu dan terlipat ke atas dan ke bawah, melahirkan gunung-gunung. Misalnya, tabrakan lempeng India dan lempeng Eurasia menghasilkan formasi rantai pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya gunung Everest setinggi 8,848 km, terbentuk mulai 45 juta tahun yang lalu. Fase akhir terbentuknya gunung ditandai dengan akar yang jauh menancap ke dalam bumi. Hal ini menyebabkan melambatnya pergerakan lempeng lithosfer. Itulah fungsi gunung. Tanpa gunung, gerakan lithosfer akan lebih cepat dan tabrakan antar lempang akan lebih drastis dan mungkin membahayakan kehidupan.

BUMI AKAN MELEDAK !!! 

Bumi kok bisa meledak? hmm.....
Gunung berapi ini terbentuk ketika bumi menjadi dingin secara bertahap dan munculah lipatan – lipatan yang membentuk struktur gunung berapi. Bayangkan saja jika gunung berapi itu tidak ada mungkin sejak 3,5 milyar tahun lalu ketika bumi mulai mendingin ia berusaha mengeluarkan gas dan menjaga temperaturnya.Bila tidak dikeluarkan secepatnya planet ini akan meledak dengan dasyat karena ada tekanan gas yang terus – menerus dan dalam jumlah besar di tubuhnya.

KESEIMBANGAN ANTARA PANAS KUTUB DAN KHATULISTIWA KACAU

Semua itu harus seimbang, seperti lagu album iwan fals, keseimbangan

Bumi memiliki permukaan yang tidak rata, dan permukaan ini menghalangi timbulnya arus udara kuat ang bisa terjadi akibat perbedaan panas. Ketidakrataan ini dimulai dengan Pegunungan Himalaya antara Cina dan anak benua India, dilanjutkan dengan Pegunungan Taurus di Anatolia, dan mencapai pegunungan Alpens di Eropa melalui rangkaian gunung menghubungkan Laut Atlantik di barat dan Laut Pasifik di Timur. Di lautan, kelebihan panas yang terbentuk di khatulistiwa akan diteruskan ke utara dan selatan dengan memanfaatkan badan air ini, sehingga perbedaan panas ini seimbang.

Perbedaan suhu antara daerah kutub dan khatulistiwa adalah sebesar 120 derajat C. Andaikan perbedaan panas ini terjadi pada permukaan yang rata, akan terjadi pergerakan atmosfer yang hebat. Badai hebat dengan kecepatan 1.000 km/jam akan menjungkirbalikkan dunia, menghancurkan keseimbangan atmosfer dan atmosfer akan buyar.

AKAN BANYAK DAERAH SEPERTI GURUN

Pasti pas kalian SD pernah kan diajarin dampak positif meletusnya gunung berapai? hayoo apa itu? inget - inget lagi Salah satunya yaitu penyubur tanah.


Magma yang keluar dari dalam perut bumi mengandung mineral dan unsur hara yang menyuburkan tanah. Disamping itu gunung juga mengatur iklim lokal seperti suhu dan curah hujan. Tanpa adanya gunung berapi, maka daerah tersebut akan menjadi kering dan tandus. Sebagai contoh adalah gurun. Dan bahkan kebutuhan akan pangan, seperti nasi, sayur mayur dsb akan terganggu, karena komoditi tanaman tersebut ditanam di daerah pegunungan.

SIKLUS AIR NGGAK AKAN LANCAR

Sebagai mana yang kita ketahui, bahwa air adalah sumber kehidupan. Hidup tanpa air itu mustahil, karena manusia sendiri butuh air untuk minum, mandi dsb.



Curah hujan tertinggi adalah di wilayah gunung karena gunung membuat lembab disekitarnya. Sungai-sungai umumnya berhulu di gunung karena hal ini. Karena gravitasi, air mengalir dari gunung sampai ke lebah dan akhirnya ke laut. Penguapan di lautan terjadi untuk membentuk awan. Awan terbawa ke areal gunung mengalami penurunan suhu disana kemudian menjadi titik-titik air yang disebut hujan. Begitu seterusnya.

Dan jika tidak ada gunung? siklus air bakal terhambat, karena curah hujan itu menjadi jarang, sungai - sungai menjadi datar (tidak mengalir, karena nggak ada gravitasi dari atas kebawah).

KESIMPULAN

Jadi, gunung banyak manfaatnya. Tuhan menciptkan pasti ada manfaatnya buat kita sendiri, tanpa kita sadari. Walau bisa menimbulkan efek negatif, seperti gunung meletus, tapi efek positifnya sungguh besar bagi kesalamatan dan kelangsungan umat manusia.

Dan jika bumi tidak ada gunung, kehidupan manusia sendiri itu akan punah dan tidak ada namanya bumi yang berisi milyaran manusia.

Labels: Fakta, Fenomena

Thanks for reading Apa Jadinya Bumi Tanpa Gunung?. Please share...!

0 Comment for "Apa Jadinya Bumi Tanpa Gunung?"

Back To Top