Misteri Kota Gaib Modern di Kalimantan Barat


Keberadaan kota gaib memang banyak terdapat di berbagai tempat di Indonesia, tak terkecuali di Kalimantan Barat. Konon, di Kalimantan Barat terdapat sebuah kota gaib mewah yang bernama Padang 12. Menurut kepercayaan masyarakat, kota gaib Padang 12 ini merupakan kota gaib yang sangat makmur, mewah, dan sejahtera. Saking makmur-nya, kemakmuran di kota gaib ini melebihi semua kota yang ada di belahan dunia manapun. Padang 12 ini terdapat di Kabupaten Ketapang, sekitar 30 menit dari Bandara Supadio, Pontianak.


Tidak seperti kota gaib pada umumnya yang terkesan tradisional, konon kota Padang 12 ini menurut beberapa orang yang pernah menyaksikan merupakan kota gaib mewah dan modern. Di dalamnya banyak terdapat mobil-mobil mewah seperti Ferrari ataupun Rolls Royce. Motor gede Harley Davidson hingga pesawat pribadi ataupun kapal pesiar juga sering terlihat lalu lalang di kota ini.

Namun bagi orang yang tak mempunyai kemampuan khusus melihat hal gaib, kota Padang 12 ini hanyalah sebuah tanah kosong yang dipenuhi padang ilalang dan pohon pinus. Tanah kosong seluas 12 km persegi inilah yang secara gaib menjadi lokasi kota Padang 12 ini. Pemberian nama Padang 12 ini mengacu pada tanah kosong yang berupa padang rumput dengan variasi pohon pinus dengan luas 12 km persegi, sehingga diberi nama Padang 12.

Penduduk Ketapang menyebut penduduk kota gaib Padang 12 ini sebagai orang-orang Kebenaran atau Orang Limun. Menurut orang yang pernah melihat, wujud Orang Limun ini sama seperti manusia pada umumnya, yang membedakan hanyalah Orang Limun tidak mempunyai garis belahan diantara bibir dan hidung. Banyak pendapat mengenai Orang Limun atau Orang Kebenaran ini. Ada yang menyebutkan bahwa di masa lalu mereka adalah orang-orang yang taat beribadah. Ada pula yang mengatakan bahwa mereka adalah golongan jin muslim yang mendiami wilayah itu sejak lama.

Banyak kisah mengenai interaksi Orang Limun dengan manusia biasa. Menurut salah seorang warga Ketapang, orang Limun ini juga mempunyai kegiatan layaknya manusia, misal pergi ke pasar. Uniknya, mereka tidak menggunakan uang sebagai alat pembayaran, melainkan menggunakan rempah-rempah sebagai alat tukar, misalnya kunyit. Ajaibnya, keesokan harinya kunyit tersebut akan berubah menjadi emas. Ada juga kisah seseorang yang dimintai tolong untuk mengantarkan seorang nenek pada malam hari. Nenek itupun dibonceng sepeda motor, namun anehnya nenek tersebut menghilang di dekat Padang 12. Keesokan harinya, pemilik sepeda motor itu menemukan potongan emas di sepeda motornya.

Tidak hanya orang biasa, seorang Raja Dangdut Rhoma Irama pun mempunyai pengalaman dengan kota Padang 12. Menurut Rhoma, ia sudah dua kali pentas di kota Ketapang, sementara menurut masyarakat, Rhoma Irama baru pentas di Ketapang sebanyak satu kali saja. Meski begitu, Bang Rhoma saat itu heran karena pada kunjungannya yang pertama, kota Ketapang terlihat sangat megah dan mewah, namun pada kunjungannya yang kedua kok berubah.

Labels: Misteri, Mistis

Thanks for reading Misteri Kota Gaib Modern di Kalimantan Barat. Please share...!

0 Comment for "Misteri Kota Gaib Modern di Kalimantan Barat"

Back To Top