Kisah Mistis Mengerikan Dibalik Keindahan Gunung Bromo

Kisah Mistis Mengerikan Dibalik Keindahan Gunung Bromo

Kisah mistis mengerikan dibalik keindahan Gunung Bromo memang bisa dibilang ada di luar nalar dan tidak bisa diterima oleh akal sehat. Gunung Bromo sendiri memang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa dan menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa tetapi juga memiliki kisah mistis yang melegenda dan juga sulit diterima nalar. Untuk masyarakat sekitar, Gunung Bromo ini dijadikan sebagai gunung suci dan disakralkan oleh para suku Tengger. Konon, Gunung bromo ini menjadi tempat persinggahan dewa pada saat turun ke bumi. Dan bahkan menjadi tempat persemayaman akhir beberapa dewa yang mana menjadi rekan di Kerajaan Majapahit.

Benda Pusaka Peninggalan Dewa
Banyak sekali kisah mistis mengerikan dibalik keindahan Gunung Bromo yang bisa dibahas, namun memang terkadang tidak diterima oleh nalar. Yang pertama adalah mengenai legenda benda pusaka, tidak ada yang menyangka bahwa banyak sekali orang yang bercerita mengenai kisah-kisah bahagia namun ternyata juga menyimpan kisah mistis yang bisa dibilang cukup mengerikan. Menurut kisah yang beredar di sekitar lokasi Gunung Bromo, konon memiliki banyak sekali peninggalan benda -benda pusaka dari kerajaan Majapahit yang mana terkubur di gunung Bromo tersebut. Dan dipercaya juga jika benda-benda pusaka tersebut merupakan peninggalan dari para Dewa sehingga nantinya setiap orang yang mengunjungi dan berwisata ke gunung ini sangat perlu menjaga sikap karena kepercayaan mengenai kekuatan mistis itu sendiri.

Legenda Akar Ghaib
Kemudian yang kedua adalah legenda akar ghaib, kisah ini merupakan kisah yang sangat terkenal dan bahkan menjadi kisah yang paling terkenal di Gunung Bromo. Kisah ini merupakan legenda tentang akar ghaib yang mana menyelimuti kawah pasir. Menurut sebagian orang yang dapat melihat dari kacamata spiritual, akar ghaib ini melintas tepat di tengah lautan pasir Gunung Bromo. Bahkan orang-orang yang memiliki kelebihan dalam melihat hal-hal ghaib sendiri tidak semuanya dapat melihat akar tersebut, dan hanya orang-orang terpilih saja yang dapat melihatnya, bahkan merasakan seberapa dahsyat kekuatan tersebut. Menurut orang sekitar sendiri, jika ada orang yang kehilangan arah pada saat berada di lautan pasir, hal tersebut dikarenakan keberadaan akar ghaib itu sendiri. Namun menurut orang-orang yang memang memiliki kekuatan supranatural, percaya bahwa orang-orang yang kehilangan arah serta hilang tanpa ada jejaknya tersebut memiliki tujuan yang tidak baik dan juga tidak menghormati penjaga dari Gunung Bromo tersebut.

Pasir Hisap
Lalu juga pasir hisap, pasir hisap tersebut berada di sekitar area padang savanna, pasir hidup nantinya akan memungkinkan seseorang tersedot sampai ke bawah, oleh karena itu jika memang tidak mengetahui daerah tersebut, sebaiknya bertanya kepada orang yang memang lebih tahu. Dan pada beberapa kasus banyak kejadian yang tidak bisa diterima oleh akal sehat. Kemudian juga terdapat pancuran yang mana diberikan patok sebagai batas agar tidak dilewati manusia. Selain itu juga terdapat tempat di mana konon Roro Anteng melahirkan di tempat tersebut namun rahimnya tidak dibuahi oleh suaminya.

Orang Hilang Tanpa Jejak
Kemudian kisah mistis yang mana banyak orang hilang tanpa jejak, namun hal tersebut tentu saja terdapat alasannya. Banyak orang yang percaya bahwa jika memang ada orang yang hilang, tujuan datang ke Gunung Bromo tidak baik. Misalnya saja jika ada dua sejoli yang bermesraan dan melakukan perbuatan yang tidak senonoh di Gunung Bromo, nantinya akan hilang dan jejaknya bahkan jasadnya tidak ditemukan. Hal tersebut memang pada dasarnya tergantung dari Tuhan, namun di setiap daerah sendiri tentu saja terdapat beberapa syarat dan ketentuannya sendiri dan harus ditaati dengan baik.

Pembangunan Istana Raksasa
Lalu ada juga kisah mistis mengenai pembangunan istana raksasa oleh Ki Bromo, hal tersebut diyakini oleh beberapa masyarakat sekitar sana dan juga warga suku Tengger yang mana pada saat terjadinya erupsi Gunung Bromo, maka Ki Bromo sedang membangun sebuah istana yang sangat megah dan juga tinggi yang mana sampai tingkat 18. Hal ini memang dirasa tidak masuk nalar, namun menurut suku Tengger hal tersebut menjadi sebuah wangsit yang diterima sebagai petunjuk dan untuk membangun istana tersebut, Ki Bromo membutuhkan sesaji seperti palawija dan juga palawiji, namun tidak membutuhkan korban manusia. Dan hal tersebut membuat para warga suku Tengger beranggapan bahwa erupsi tersebut menjadi sebuah bencana merupakan pantangan besar karena dengan adanya erupsi Gunung Bromo tersebut memberikan keberkahan tersendiri karena dapat menyuburkan lahan pertanian milik warga.

Mentaati Peraturan
Jadi itulah beberapa kisah mistis yang ada di Gunung Bromo, meskipun sulit untuk diterima nalar dan bahkan merupakan sebuah tahayul, namun di setiap daerah tentu saja terdapat syarat dan ketentuan. Oleh karena itu jika memang ingin mengunjungi Gunung Bromo, maka sebaiknya taati semua peraturan yang ada dan lebih baik memiliki niat yang baik. Jika memang masih bingung dan tidak terlalu mengerti, maka ada baiknya jika bertanya kepada orang yang sudah mengerti atau penjaga dari tempat wisata Gunung Bromo tersebut. Jadi memang terdapat kisah mistis mengerikan dibalik keindahan Gunung Bromo.

Labels: Fenomena, Misteri

Thanks for reading Kisah Mistis Mengerikan Dibalik Keindahan Gunung Bromo. Please share...!

Back To Top