Penyebab Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya

Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan. (Wikipedia)

Siapa yang ngga pernah rasain sakit kepala atau pusing? Semua orang pasti pernah mengalamin sakit yang satu ini kan? Entah itu karna tubuh yang tidak fit, hingga karna tugas yang semakin menumpuk.

Tapi, tahukah agan/aganwati sekalian? kalau sakit kepala yang ente rasakan bisa diketahui penyebabnya dari letak atau daerah sakit itu terasa? "Lho kok bisa?". Bisa gan, berikut adalah cara mengetahuinya. Check it out!

Satu Sisi Kepala (Kanan atau Kiri Saja)



Kalau agan/aganwati pernah ngerasain sakit kepala disebelah kanan atau kiri saja, itu berarti agan terkena migrain. Pengidap mirgain umumnya merasakan sakit kepala hebat pada bagian depan atau bagian sisi saja. Migrain juga sering disertai gangguan pengelihatan hingga mual dan muntah. Kebanyakan penghidap migrain adalah wanita.

Beberapa faktor penyebab migrain adalah hormon, gen, perubahan sementara zat kimia pada otak, hingga kelelahan dan stres. Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosis penyakit ini dan sebenarnya tidak ada obat yang dapat menyebuhkan penyakit ini, namun ada beberapa obat yang mampu mengurangi rasa sakitnya.

Sakit kepala ini biasanya dirasakan oleh orang dewasa, kira-kira bisa terjadi 2 kali dalam setahun, atau lebih. Tapi kalau agan merasakan sakit ini lebih dari 2 kali dalam seminggu, silahkan konsultasi ke dokter spesialis mengenai hal ini. Memilih hidup sehat adalah salah satu cara efektif untuk mencegah migrain.

Mata dan Dahi



Pusing pada daerah dekat antara mata dan dahi biasanya menandakan bahwa agan mempunya masalah pada pencernaan. Sakit kepala didaerah tersebut sering diiringi dengan gangguan perut, usus, ginjal, lambung, hingga empedu.

Biasanya juga, sakit kepala didaerah mata terjadi diiringi dengan penyakit sejuta umat, yaitu masuk angin.

Juga, penyakit ini bisa disebabkan oleh konsumsi minuman ber-alkohol atau keracunan makanan. Sekali lagi, dengan memilih hidup sehat, agan bisa terhindar dari penyakit ini maupun penyakit lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Biasakan mulai dari sekarang.

Belakang (Tengkuk Sampai Atas Kepala)


Ini menjadi daerah yang paling sering terasa sakit, khususnya untuk para pekerja keras, seperti ane.
Penyebabnya adalah, aktifitas yang berlebih dan kurangnya istirahat. Sakit kepala didaerah ini sering disertai dengan tegangnya otot-otot pada bagian tengkuk.

Pengidap sakit kepala pada daerah ini dianjurkan untuk beristirahat yang cukup, juga bisa dengan berlibur atau rekreasi. Karna sakit kepala ini sering terasa disaat agan stres.

Dahi, Mata, dan Hidung



Sakit kepala yang agan rasakan dibagian dahi, mata dan hidung disebabkan oleh sinusitis. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada saluran sinus. Penyebab sinusitis yang paling umum adalah karena infeksi virus. Sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi. Ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

Untuk memastikan agan terkena sinus atau bukan, agan bisa coba menundukan kepala dengan cepat dan sedikit hentak. Jika daerah mata, dahi dan hidung terasa lebih sakit, berarti agan terkena sinus. Bisa juga diperhatikan dengan cara mencata lama waktu pusing pada daerah tersebut, biasanya pusing yang disebabkan oleh sinus nggak hilang hanya satu atau dua hari, walaupun rasanya sedikit berkurang.

Dahi



Terakhir, sakit kepala yang hanya dirasakan di bagian dahi biasanya akan terjadi saat Anda sedang gelisah, takut, panik atau gugup. Contohnya seperti, ketika agan ingin melakukan public speaking, presentasi, tampil/perform, atau ingin main kerumah pacar dan ketemu calon mertua.

Kesimpulan

Itu dia beberapa penyebab pusing berdasarkan tempat atau lokasi yang terasa sakit. Memang banyak penyebab pusing seperti yang ane bilang diawal pembuka. Dengan thread ini semoga agan/aganwati bisa lebih gampang mengetahui apa penyebab dari pusing yang agan rasakan, ngga sedikit-sedikit beli obat sakit kepala. Memang ngga salah, tapi kalo tiap saat ente tergantung sama obat kan jadinya ngga baik, apalagi buat ginjal, ya nggak?

Labels: Kesehatan

Thanks for reading Penyebab Sakit Kepala Berdasarkan Letaknya. Please share...!

Back To Top