Mengerikan! Cacing Ini Hidup di Kulit Wajah



Wajah merupakan bagian yang paling menarik dari tubuh manusia. Wajah juga merupakan identitas seseorang yang membedakannya dengan orang yang lain. Biasanya manusia pasti menginginkan punya wajah yang menarik dilihat dan dipandang. Tak sedikit dari manusia terutama wanita yang menggunakan berbagai macam produk kecantikan untuk mendapatkan wajah cantik dan mulus agar sedap dipandang. Namun tahukah kamu ternyata secara alami ada seekor cacing yang hidup diwajah manusia? Berikut pemaparannya.

Pernah dengar tentang cacing komedo? Beberapa orang menyebutkan bahwa komedo adalah cacing yang hidup pada pori-pori wajah khususnya daerah hidung atau dagu. Padahal sebenarnya komedo adalah tumpukan minyak atau lemak yang menyumbat pori-pori dan bercampur dengan kotoran seperti debu dan polusi.



Tapi ternyata, keberadaan cacing pada wajah memang benar adanya. Cacing ini tentu saja bukan cacing yang biasa kita temui dalam tanah. Cacing ini berukuran sangat kecil yaitu sekitar 0,3 mm dan hidup di sekitar hidung, bulu mata, alis atau bagian wajah lainnya yang ditumbuhi rambut.
Hewan menggeliat yang hidup pada wajah ini bernama cacing demodex folliculorum dan demodex brevi. Cacing demodex ini hidup dan menetas pada daerah sekitar folikel rambut. Demodex memiliki warna transparan dan memilki 8 kaki.

Cacing demodex menghabiskan waktu selam 7 hari untuk menjadi dewasa, setelah mati mereka akan terurai pada pori-pori kulit. Jenis cacing yang termasuk golongan kutu/tungau initidak berahaya bagi tubuh, kecuali bagi penderita alergi tertentu.Gejala alergi yang ditimbulkan pun tidak begitu parah, biasanya hanya timbul gatal atau kemerahan. Namun jika tidak rajin membersihkan wajah, bisa saja cacing ini terus berkembang biak dan menimbulkan masalah cukup serius.

Labels: Aneh, Fauna, Kesehatan

Thanks for reading Mengerikan! Cacing Ini Hidup di Kulit Wajah. Please share...!

Back To Top