Fakta dan Sejarah (Sebenarnya) Peristiwa G30S/PKI

Terungkaplagi Saturday, November 7, 2015
Fakta dan Sejarah (Sebenarnya) Peristiwa G30S/PKI

“Apakah Pantas Soeharto Diampuni?”, Ada seorang ahli sejarah yang sempat meneliti tentang kejadian yang menimpa bangsa kita di tahun 1965, mengatakan bahwa di tahun 1965, di Indonesia hanya ada satu Jendral dan dia adalah Mayjen TNI Soeharto. Menurut ahli sejarah itu juga termakan image yang sengaja dibuat Soeharto bahwa dia adalah orang yang paling berjasa atas dibubarkannya Partai yang kini dianggap sebagai partai terlarang di negeri kita.

Soeharto adalah seorang prajurit TNI berpangkat cukup tinggi dan juga memegang salah satu jabatan penting dalam jajaran TNI sebagai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Kostrad). Pada masa kepemimpinan Ir. Soekarno, Soeharto adalah seorang perwira tinggi yang tidak terlalu diperhitungkan. Itu juga menjadi penyebab tidak terteranya nama Soeharto dalam daftar 7 jendral yang menjadi target pembunuhan dalam pemberontakan PKI.

7 Jendral yang menjadi target operasi PKI:
Jendral TNI Anumerta Ahmad Yani, Letjen TNI Anumerta MT Haryono, Letjen TNI Anumerta S Parman, Letjen TNI Anumerta Suprapto, Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen TNI Anumerta DI Panjaitan, Kapten Czi Anumerta Pierre Tendean

Apa mungkin Soekarno lupa pada jasa Soeharto yang menjadi arsitek Serangan Umum 1 Maret atas Kota Yogya yang berhasil menguasai Kota Yogya selama 6 jam yang kala itu dikuasai oleh Belanda? Ataukah Soekarno mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi.

Fakta dan Sejarah (Sebenarnya) Peristiwa G30S/PKI

Pada tahun 1965 tepatnya pada tanggal 30 September 1965, sebuah pemberontakan terjadi atas keutuhan Pancasila (itu kata rezim Orde Baru) namun berhasil ditumpas sampai ke akar-akarnya oleh seorang perwira tinggi bernama Soeharto.

“Resolusi Dewan Jendral” yang sempat beberapa kali disebutkan dalam film tersebut, hal itu benar adanya. Resolusi Dewan Jendral memang ada. Beberapa orang Jendral pada saat itu sedang merencanakan untuk menggulingkan kekuasaan Soekarno dan mengambil alih kekuasaan.

Para pemimpin PKI kala itu cukup resah dengan adanya isu tentang resolusi Dewan Jendral. Mereka khawatir jika para jendral berhasil, maka posisi mereka berada di ujung tanduk. Untuk itu mereka harus bergerak cepat, berpacu dengan waktu untuk menumpas para jendral yang terlibat dalam Resolusi Dewan Jendral, sebelum para jedral mendahuluinya.

Rakyat yang kala itu masih bodoh dicekoki dengan pernyataan-pernyataan pedas tentang seberapa menyeramkan dan menyakitkannya sebuah pemberontakan. PKI terus menyebarkan doktrin bahwa pemberontakan itu identik dengan kekejaman. Rakyat akan semakin terkepung dalam kesengsaraan. Doktrin yang dilontarkan PKI itu terhadap rakyat itu pada akhirnya berhasil membakar darah rakyat yang kala itu tengah dirundung duka yang mendalam dan berkepanjangan akibat dari ketidak stabilan perekonomian di sebuah negara yang masih muda ini. Akhirnya PKI mendapat restu dari rakyat yang telah didoktrinnya untuk menumpas para jendral yang terlibat dalam Resolusi Dewan Jendral.

PKI sendiri mempunyai kepentingan dalam penumpasan ini. PKI adalah pendukung terkuat Soekarno, dan Soekarno adalah pendukung terkuat PKI demi sebuah image bagi dunia internasional bahwa Indonesia tidak mudah dimasuki pengaruh Amerika Serikat. Memang Sokarno lebih menyukai politik sosialis demokratik seperti yang diajarkan Uni Soviet kepada dunia kala itu yaitu pemerataan.

Karena PKI takut kehilangan dukungan dari presiden, maka PKI harus secepatnya menumpas Dewan Jendral sebelum Dewan Jendral menggulingkan Soekarno. Maka direncanakanlah sebuah aksi untuk menumpas Dewan Jendral. Akhirnya para pemimpin PKI sepakat tanggal yang tepat untuk melakukan aksi adalah pada tanggal 30 September.

Para pimimpin PKI melakukan rapat tentang aksi yang bakal mereka lakukan. Sedikitpun mereka tidak menyinggung nama Soeharto karena memang Soeharto kala itu bukan siapa-siapa. Dia tidak lain hanyalah seorang prajurit TNI berpangkat tinggi yang tidak diperhitungkan dan tidak penting sama sekali.

Disisi lain, Soeharto sendiri juga mengetahui tentang adanya resolusi Dewan Jendral dan mengetahui bahwa PKI akan melancarkan aksi untuk menumpasnya. Namun dia hanya diam. Soeharto juga memiliki kepentingan jika PKI berhasil. Kepentingan Soeharto sebenarnya adalah agar dia mulai dianggap penting dan kembali diperhitungkan di kancah percaturan negeri ini sehingga dia bisa mendapat jabatan yang lebih penting dari jabatan yang dia pegang saat itu. Dia biarkan PKI melakukan aksinya dengan membunuh para perwira tinggi TNI yang memang memegang jabatan penting di negara. Dengan demikian akan semakin berkurang saingan bagi Soeharto untuk meraih jabatan yang lebih tinggi dan lebih penting dari sekedar panglima Kostrad.

Tanggal 30 September pukul 4 pagi, diculiklah 7 jendral yang menjadi target operasi PKI. Mereka dibawa ke lubang buaya dan diserahkan kepada masa pendukung PKI yang telah berkumpul di sana sejak sore hari tanggal 29 September untuk diadili dengan cara mereka. Massa dibebaskan melakukan apa saja sesuka hati mereka kepada para jendral yang akan menambah kesengsaraan bagi rakyat tersebut. Massa yang berkumpul di lubang buaya berpesta pora sebelum akhirnya menyiksa hingga mati para jendral tersebut.

Fakta Dibalik G30S/PKI:
Pagi harinya, Soeharto yang telah mengetahui hal ini mendapat laporan dari beberapa ajudan jendral yang telah diculik. Soeharto hanya tersenyum dalam hati karena telah mengetahui bahwa semua ini akan terjadi. Ambisinya untuk menguasai negeri dengan pangkat dan jabatan yang dia miliki hanya tinggal selangkah lagi.

Tahukah anda apa sebenarnya yang telah direncanakan Soeharto sebelumnya yang disimpannya baik-baik dalam benaknya? Dia biarkan PKI membunuh ketujuh Jendral tersebut, lalu memfitnah PKI telah melakukan kudeta terhadap Soekarno sehingga orang-orang PKI yang mengetahui fakta sejarah dapat dengan mudah disingkirkan dengan cara difitnah. Doktrin yang dilontarkan Soeharto adalah bahwa PKI akan melakukan pemberontakan terhadap kekuasaan Soekarno. Mungkinkah PKI akan menggulingkan pendukung terkuatnya? Tidak masuk akal. Ingat PKI dan Soekarno saling mendukung, apa mungkin PKI melakukan hal itu?

Pagi harinya Soeharto bergerak cepat dan melangkahi tugas beberapa orang jendral atasannya dengan memegang tampuk pimpinan TNI untuk sementara tanpa meminta restu dari Presiden. Di buku sejarahku waktu SD ditulis, “Mayjen TNI Soeharto dengan tangkas memegang tampuk pimpinan TNI yang lowong sepeninggal A Yani.” Kalau bisa dan boleh aku ingin mengedit tulisan di buku sejarahku dengan kata-kata, “dengan lancang Soeharto memegang tampuk pimpinan TNI.” Masih banyak orang yang harusnya dimintai restu oleh Soeharto atas inisiatifnya memegang tampuk pimpinan TNI.

Lalu dengan mudah Soeharto yang telah mengetahui semua seluk beluk aksi PKI ini menumpas PKI. Hanya dalam waktu beberapa jam saja, para pelaku pemberontakan PKI ditangkap dan sebagian lagi kabarnya melarikan diri ke luar negeri. Lalu Soeharto menyebarkan doktrin bahwa PKI telah melakukan kudeta terhadap kepemimpinan Soekarno. Padahal PKI bermaksud menggagalkan kudeta yang akan dilancarkan oleh para jendral tersebut. PKI dijadikan kambing hitam oleh Soeharto atas apa yang memang diinginkannya. Satu langkah Soeharto untuk menguasai negeri ini berhasil.

Penguasaan Kembali Gedung RRI Pusat:
Dini hari tanggal 1 Oktober 1965 Gerakan Tiga Puluh September (G30S) PKI menculik dan membunuh 6 orang perwira tinggi Angkatan Darat yang yang dinilai sebagai penghalang utama rencana mereka untuk merebut kekuasaan Negara. Pagi itu pula mereka berhasil menguasai Gedung RRI dan Gedung Pusat Telekomunikasi. Di bawah todongan pistol, seorang penyiar RRI dipaksa menyiarkan pengumuman yang menyatakan bahwa G-30-S telah menyelamatkan Negara dari usaha kudeta “Dewan Jendral”.

Tengah hari mereka mengumumkan pembentukan Dewan Revolusi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara dan pendemisioneran kabinet.

Untuk menghentikan pengumuman-pengumuman yang menyesatkan rakyat itu, Panglima Komando Tindakan Strategi Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen Soeharto yang telah mengambil alih sementara pimpinan Angkatan Darat memerintahkan pasukan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) untuk membebaskan Gedung RRI Pusata dan Gedung Telekomunikasi dari penguasaan G-30-S PKI. Operasi yang dimulai pukul 18.30, dengan mengerahkan kekuatan satu kompi dalam waktu hanya 20 menit, RPKAD berhasil menguasai kembali gedung vital itu.

Pukul 20.00 tanggal 1 Oktober 1965 RRI Pusat sudah dapat menyiarkan pidato radio Mayjen Soeharto yang menjelaskan adanya usaha kudeta yang dilakukan oleh PKI melalui G-30-S

Penangkapan DN Aidit 22 November 1965:
Setelah G 30 S PKI mengalami kegagalan di Jakarta, pada tanggal 1 Oktober 1965 tengah malam ketua CC PKI D.N. Aidit melarikan diri ke Jawa Tengah yang merupakan basis utama PKI.

Tanggal 2 Oktober 1965 ia berada di Yogyakarta, kemudian berpindah-pindah tempat dari Yogyakarta ke Semarang. Selanjutnya ia ke Solo untuk menghindari operasi pengejaran yang dilakukan oleh RPKAD. Tempat persembunyiannya yang terakhir di sebuah rumah di kampung Sambeng Gede. Daerah ini merupakan basis Serikat Buruh Kereta Api (SBKA), organisasi massa yang bernaung dibawah PKI. Melalui operasi intelijen, tempat persembunyian D.N. Aidit dapat diketahui oleh ABRI.

Tengah malam tanggal 22 November 1965 pukul 01.30 rumah tersebut digrebek dan digeledah oleh anggota Komando Pelaksanaan Kuasa Perang (Pekuper) Surakarta. Penangkapan hampir gagal ketika pemilik rumah mengatakan bahwa D.N. Aidit telah meninggalkan rumahnya. Kecurigaan timbul setelah anggota Pekuper menemukan sandal yang masih baru, koper dan radio yang menandakan hadirnya seseorang yang lain di dalam rumah itu. Penggeledahan dilanjutkan. Dua orang Pekuper menemukan D.N. Aidit yang bersembunyi di balik lemari. Ia langsung ditangkap dan kemudian dibawa ke Markas Pekuper Surakarta di Loji Gandrung, Solo.

Supersemar:
Suasana negara saat itu benar-benar memburuk. Negara yang masih muda ini serasa berasa di titik paling bawah dari keterpurukannya. Perekonomian anjlok, harga bahan pangan menjulang, bahan pangan susah didapat dimana-mana, kerusuhan pecah di seluruh wilayah negeri ini. Beberapa elemen masyarakat melakukan aksi yang berbuntut dengan dicetuskannya Tritura (Tri Tuntutan Rakyat). Isi Tritura adalah:

1. Bubarkan PKI
2. Turunkan Harga
3. Bersihkan kabinet dari unsur-unsur G 30 S PKI

Aksi beberapa elemen masyarakat ini di awali dengan aksi yang digelar oleh mahasiswa yang menamakan dirinya Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). Gerakan mahasiswa ini juga diikuti oleh elemen masyarakat lain seperti Kesatuan Aksi Guru Indonesia (KAGI), Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI), dan lain-lain.Aksi-aksi inilah yang kemudian memicu pecahnya revolusi di negara ini. Semakin lama situasi negara semakin memburuk.

Situasi ini akhirnya yang memaksa tiga orang Jendral yaitu Letjen (yang baru naik pangkatnya) Soeharto, Brigjen Amir Machmud dan Brigjen M Yusuf untuk menemui presiden dan memaksa presiden agar segera memenuhi tuntutan rakyat. Tritura harus dipenuhi jika presiden ingin mengembalikan situasi negara ke arah yang kondusif.

Soekarno menolak memenuhi tuntutan rakyat. Soekarno tahu bahwa ini semua hanya kerjaan Soeharto yang memfitnah PKI sebagai pemberontak. Soekarno tahu betul, tidak mungkin PKI berkeinginan untuk menggulingkannya namun Soekarno tidak memiliki bukti yang otentik atas pernyataannya tersebut. Soekarno tahu bahwa aksi yang dilakukan oleh PKI dengan nama G 30 S PKI hanya bertujuan untuk menumpas rencana kudeta militer yang akan dilakukan oleh sekelompok perwira tinggi yang menamakan dirinya Dewan Jendral.

Setelah gagal untuk memaksa presiden memenuhi tuntutan rakyat, ketiga jendral tersebut berinisiatif membuat sebuah surat perintah atas nama presiden. Isi surat perintah yang diberi nama Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) hingga kini hanya diketahui oleh hanya 4 orang, ketiga jendral tersebut dan Soekarno, namun karena tiga diantaranya kini telah meninggal dunia, maka kini hanya tertinggal satu lagi saksi sejarah yaitu Soeharto. Sayang, Soeharto pun tidak ingin rakyat Indonesia tahu apa isinya, maka dia lenyapkan supersemar yang asli dan buat sebuah surat perintah yang palsu seperti yang kita tahu belakangan ini.

Teks Supersemar yang palsu, sedangkan yang asli, hingga kini tidak ditemukan bangkainya Supersemar yang telah rampung dibuat diserahkan kepada Soekarno untuk ditandatangani, namun Soekarno menolak untuk menandatanganinya. Soekarno tidak mau membubarkan PKI namun juga tidak mempunyai alasan yang kuat atas kehendaknya tidak ingin membubarkan PKI. Sementara rakyat telah didoktrin oleh Soeharto bahwa PKI telah melakukan pengkhiatan terhadap negara dan ingin menguasai negara ini dan menjadikannya negara berfaham Komunis.

Menurut pengakuan dari seorang kakek tua tak lama setelah Soeharto lengser, bahwa dulu ia bekerja di Istana Merdeka. Tugasnya adalah mengantarkan minuman buat presiden. Pada saat ketiga jenderal itu sedang berada di ruang kerja presiden, sang kakek memasuki ruangan dengan maksud ingin mengantarkan minuman bagi presiden dan ketiga tamunya. Terkejutlah ia saat melihat presiden sedang menandatangani sebuah surat yang diyakininya sebagai supersemar di bawah todongan Pistol.

Pada saat sang kakek mengungkapkan kisah ini, Jendral M Yusuf masih hidup, maka ia diwawancarai oleh kru TV sehubungan dengan pernyataan sang kakek. Karena M Yusuf berada pada posisi netral maka ia yang diwawancarai. Tapi sayang, saya sangat yakin bahwa fakta yang diungkapkan sang kekek benar adanya, tapi demi menyelamatkan sejarah yang sudah terputar balik dan tak mungkin diubah lagi, maka Jenderal M Yusuf membantah bahwa presiden menandatangani supersemar di bawah todongan pistol. Tapi saya yakin dan sangat percaya, Jendral M Yusuf yang kala itu sudah pensiun membantah hal itu karena ia sadar, jika ia bongkar rahasia ini, maka terbongkarlah semua fakta sejarah dan Indonesia kembali terombang ambing dalam keraguan. Mana yang benar? Sejarah versi Soeharto atau M Yusuf.

Akhirnya supersemar ditandatangani oleh Soekarno, namun supersemar tidak ditujukan kepada Soeharto. Hal ini membuat Soeharto panas, entah dengan cara apa, Soeharto berhasil melenyapkan surat itu dan membuat pernyataan palsu dengan mengatakan bahwa supersemar ditujukan kepadanya untuk memegang tampuk pimpinan TNI untuk sementara dan mengembalikan stabilitas nasional.

Dua langkah Soeharto berhasil. Maka berpedoman pada surat perintah palsu yang dibuat oleh Soeharto sendiri, ia mulai bergerak dan membubarkan PKI serta antek-anteknya. Sebagian besar masa pendukung PKI, Gerwani dan berbagai organisasi massa lain bentukan PKI dibantai secara masal, sebagian lagi dipenjara. Ini dilakukan untuk menghilangkan jejak sejarah agar semua kebusukan yang dilakukan oleh Soeharto tidak terungkap. PKI dijadikan kambing hitam karena memang PKI pernah melakukan percobaan kudeta di tahun 1948. Ini dijadikan alasan bagi Soeharto untuk semakin menjatuhkan PKI.

Setelah PKI dibubarkan, dengan wewenang palsunya Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah Partai terlarang di Indonesia karena bertentangan dengan Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia.

Pidato pertanggungjawaban Soekarno dalam Sidang Umum MPRS tahun 1968 ditolak oleh MPRS. Semua dipicu dari lambatnya Soekarno membubarkan PKI dan menjawab Tritura. Setelah itu dipilihlah seorang penjabat presiden hingga masa kepemimpinan Soekarno berakhir. Pada saat itu memang tak ada pilihan lain, Soeharto menjadi satu-satunya orang yang paling pantas memegang jabatan itu. Soekarno (mungkin dengan berat hati) menyerahkan kekuasaan pemerintahan kepada Soeharto. Sejak saat itu Soeharto resmi memegang jabatan sebagai Presiden RI melaui TAP MPRS No XLIV/MPRS/1968 dan berkuasa selama 32 tahun hingga akhirnya digulingkan juga dengan cara yang sama seperti ia berusaha menggulingkan Soekarno pada tahun 1968.

Artikel Terkait Fakta ,Rahasia ,Sejarah

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

176 comments:

  1. Dari bahasanya sepertinya anda memang tidak senang sama suharto, atau jangan jangan anda adalah keturunan PKI yang masih menyimpan sakit hati sampai sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda antek soeharto atau anda dibesarkan dari uang suharto?? atau jgn2 ...

      Delete
    2. Sejarah harus di luruskan biar rakyat yang bodoh ini tidak di bodohi lagi oleh pemimpin2 yg bodoh yg hanya rakus akan kekuasaan.

      Delete
    3. Memberikan jari tengah saja sdh cukup buat si sue..yg menggadaikan bangsa ini...

      Delete
    4. Memberikan jari tengah saja sdh cukup buat si sue..yg menggadaikan bangsa ini...

      Delete
    5. Cie ... Yg saling mnuduh .. Yg satu nuduh keturunan PKI ,yg satu nuduh antek soeharto ... Dah akur ja .. Udah gede , hehehe

      Delete
    6. saya bukan keturunan PKI dan saya tidak begitu menyukai soeharto, karna memang, buku sejarah yg umumnya ditemukan sekarang adalah versi soeharto, bukan soekarno. jika anda mencoba membaca buku-buku dulu, dan pula membaca buku-buku lekra. anda akan tahu bahwa soeharto tidak sepenuhnya bersih dari kasus ini.

      Delete
    7. Apakah ini sumber dari buku sejarah yang dulu dibagi bagikan secara diam diam karena dilarang oleh pemerintah waktu itu ....

      Delete
    8. sejarah itu memang ditulis dengan orang yang menang dan hidup kala itu oleh karena itu memang perlu dilakukan study untuk mengetahui kebenarannya, ngomong2 ini artikelnya sumber dari mana min? cerita disini kan berbeda dengan buku2 yang ada di sekolah

      Delete
  2. Artikelnya membuka mata hati betapa Kejam dan serakahnya Suharto, di depan Rakyat dia sok bersayap malaikat padahal jalan pemikirannya bertanduk.. Suharto robotnya Amerika!

    ReplyDelete
  3. Sumbernya darimana? harus dan penting di cantumkan

    ReplyDelete
  4. Kalau bukan dari angkatan 65 sebelumnya, ga usah membuka2 sesuatu yang jelas udah selesai. Luka lama jangan dikorek-korek.
    Siapa yang salah dan benar tidak usah dipaparkan. Tapi akui saja memang begitulah sejarahnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hanya ingin tau sejarah mas

      Delete
    2. Bangsa ini wajib mengetahui sejarah apa yang pernah terjadi.

      Delete
    3. Bangsa ini wajib mengetahui sejarah apa yang pernah terjadi.

      Delete
  5. Kalau bukan dari angkatan 65 sebelumnya, ga usah membuka2 sesuatu yang jelas udah selesai. Luka lama jangan dikorek-korek.
    Siapa yang salah dan benar tidak usah dipaparkan. Tapi akui saja memang begitulah sejarahnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau gak mbak banyak rakyat yang keturunan pki hidupnya disusahin sama pemerintah? Ini harus dilurusin biar engga pada salah paham soal g30s pki

      Delete
    2. Sejarah hrs diluruskan...jangan sampai bangsa ini hidup dalam kebohongan

      Delete
    3. Sejarah harus ditelusuri hingga akar"nya agar kita tidak mudah dibohongi oleh si pembuat sejarah

      Delete
  6. sumber dari mana ya min ? ane udh 2X ini baca yg kaya gini


    ReplyDelete
  7. pffttt... ini cerita fiksi. Bangsat PKI !! Yg nulis cerita fiksi ini jga asuuuuuu

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Tapi kata bapak soeharto : "MASIH ENAKAN JAMANKU TOH...

    ReplyDelete
  10. Tapi kata bapak soeharto : "MASIH ENAKAN JAMANKU TOH...

    ReplyDelete
  11. jangan biarkan PKI bangkit lagi dengan memutarbalikkan fakta

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kalau gak tau apa apa jangan bilang PKI (keji,biadad,) PALU melambangkan BURUH sedang ARIT melambangkan PETANI tanpa adanya mereka INDONESIA gak jadi apa apa..

    loe semua yang komen pasti taulah bidang mana atau bagian apa yang bukan buruh atau petani loe semua udeh di doktrin cuy..

    sekarang loe smua yg komen ad dibagian mana PALU atau ARIT kalau loe ad diantara keduanya berarti loe PKI..

    sejarah tinggallah cerita yang menanglah yang buat sejarahnya..

    sekarang mah utamakan PANCASILA junjung tinggi nilai dari sila ke.1,2,3,4,5 kalau memang di gunakan dengan baik dan benar di NEGERI ini pasti akan indah pada waktu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. PKI kyaknya gak bisa junjung sila yang pertama deh hhahaha

      Delete
    2. Komunis Ada 2 paham, siyap Kiri Dan kanan. Polandia komunis ideologinya tetapi tetep beragama.
      Gue bukan komunis cuma kebetulan gue dulu kuliah di FISIP.
      Kalo yg ga beragama ITU atheis.

      Delete
    3. Komunis bukan berarti atheis...tan malaka tokoh muslim indonesia ttp ia beridiologi komunis

      Delete
    4. Pada dasarnya komunis itu adalah ideologi ekonomi

      Delete
    5. Tapi perlu difikirkan kembali, jika si pemenang yang membuat sejarah itu ternyata orang yang salah bagaimana??? kita harus membuka fikiran kita agar kita tidak mudah dihasut. saya bukan komunis tapi apa salahnya kita mencari tau sejarah itu sendiri

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Artikelnya condong PKI amat?
    Nulisnya lancar banget tanpa sumber satu pun, ane smpe ngira lagi baca novel.

    ReplyDelete
  21. Sumber gak ada, apalagi masalah kakek tua yang bawa minum bener bener kaya sinetron. M Yusuf gak mungkin nutupin sejarah sebenernya, karna nothing to lose banget dia ungkap yg sebenernya atau nggak kalo dia cinta sama negri ini dia pasti ungkap. Lagian ya dalam politik yang dilakukan soeharto wajar aja kok. Soekarno juga jd presiden garagara apa emg? Biasa biasa aja padahal menang dia berani koar. Udahlah mending kita doain aja yang terbaik seenggaknya mereka pernah berjasa buat negri ini.

    ReplyDelete
  22. Sorry ya, skdr mau iktn berbagi pendpt, BKN berdebat, KL bagi saya, saya rindu dengan zamannya Soeharto, duit ceban bs cukup bt beli kprluan Ono ini, nah skrng, Klian bs bedakan memang pemimpin yg tegas pst bnyk mush dan propvokasiny, tp kt lht realitanya, dulu kt macan Asia skrng macan ompong, dan skrng bnykn tiorinya bukan, faktanya akhirnya bnyk jnji tmpa bukti, ujung2 nya ente2 jg yg mlrt, kt bth bukti bukn jnji, aku rasa jaman Soeharto ga ad demoh2 prut lpr, jngn mau di provokasi dengan menyudutkan individu trtntu, lht realitanya aj, spa kalian setuju dengan orang yg cm mengumbar janji tmpa bukti,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman soeharto gak ada demo wajar krn kalo kita mengeluarkan pendapat kita pasti dibungkam...trus ada fakta yg bisa membuat kita menjadi macan asia...fakta menunjukkan soeharto antek amerika..pt freeport bisa masuk indonesia eranya soeharto dan ironisnya lagi kita tak kenal tambang emas di freeport krn dlm pelajaran sekolah dasar itu namanya tembaga pura..suatu pembodohan lagi thd rakyat indonesia

      Delete
  23. Sorry ya, skdr mau iktn berbagi pendpt, BKN berdebat, KL bagi saya, saya rindu dengan zamannya Soeharto, duit ceban bs cukup bt beli kprluan Ono ini, nah skrng, Klian bs bedakan memang pemimpin yg tegas pst bnyk mush dan propvokasiny, tp kt lht realitanya, dulu kt macan Asia skrng macan ompong, dan skrng bnykn tiorinya bukan, faktanya akhirnya bnyk jnji tmpa bukti, ujung2 nya ente2 jg yg mlrt, kt bth bukti bukn jnji, aku rasa jaman Soeharto ga ad demoh2 prut lpr, jngn mau di provokasi dengan menyudutkan individu trtntu, lht realitanya aj, spa kalian setuju dengan orang yg cm mengumbar janji tmpa bukti,

    ReplyDelete
  24. Mana yang benar dan mana yang salah itu nanti bisa dibuktikan di hari pembalasan. Urusan dia bunuh orang atau nipu orang ya urusannya dia sama tuhannya. Gitu aja kok repot

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Setiap org yg hidup jaman dahulu ditanya "enak mana dulu sama skrg" jwbnnya pasti "enak dlu lah, dlu apa2 murah, hidup aman, dsb" itu kesaksian dri mereka ya, saya sih percaya apa yg mereka katakan, berarti kepemimipinab suharto sedikit banyak berpihak pada rakyat miskin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya enak zaman sekarang karena dibandingkan zaman dulu dengan sekarang, Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan di zaman ini. kekurangan zaman sekarang bisa kita lihat yaitu dari mahalnya kebutuhan hidup tapi sisi positifnya ekonomi kita meningkat di dunia dan angka harapan hidup pun juga meningkat.

      Delete
  27. Setiap org yg hidup jaman dahulu ditanya "enak mana dulu sama skrg" jwbnnya pasti "enak dlu lah, dlu apa2 murah, hidup aman, dsb" itu kesaksian dri mereka ya, saya sih percaya apa yg mereka katakan, berarti kepemimipinab suharto sedikit banyak berpihak pada rakyat miskin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak jaman sekarang apa aja ada!!!!!haha iya gak????dlu mana ada smartphone,hahahah

      Delete
  28. Urusan mereka sama Tuhan aja kalo mereka kyk gt. Mau ribut sampe mampus jg indo ya gini2 aja ga bakal berubah. Kalo pake pikiran, zaman soeharto smua sejahtera, pmbunuhan sana sini g ad, pengedar narkoba g ad, berita di tv smua bermakna. Kalo korupsi dari zaman moyang jg sdh ad. G akn bisa hlg.Ibu negara di Indo plg bnyk jasa nya itu ibu Tien Soeharto. Dari pd ibu negara yg skrg 'mukax gmna aje gue ga tau'!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha. Kata mutiara gan. Bagus

      Delete
    2. "dari pada ibu negara yang sekarang 'mukanya gimana aje gue ngga tau'...sama bro taunya pas upacara 17 agustus kemaren heheh

      Delete
  29. Ini mengarang bebas namanya....tidak semua orang dapet kamu bodohi....

    ReplyDelete
  30. Ini mengarang bebas namanya....tidak semua orang dapet kamu bodohi....

    ReplyDelete
  31. gak,usah beranggapan baik kepada para pki,perlu di ketahui paham pki itu adalah ateis yang gk percaya lagi terhadap tuhan atau sang pencipta makanya pasca pki mereka banyak membunuh para tokoh agama dan agama itu mereka anggap sebagai penghalang untuk maju suatu negara maka mereka lebih senang meniru cina ....jadi kalian semua yang masih percaya adanya allah jangan mau tunduk sama pki lebih lebih mau mendukung..... kamu yang dukung lihat aja allah menolong kami atau kalian yang bersama pki.....ayo konco konco siap siap bantu TNI habisi komunisme di indonesia ....mending berani mati dari pada di paksa mengingkari sang pencipta,

    di soviet pki gk ada bukti nyata dari yang di gemborkan, katanya mengangkat rakyat miskin dan buruh sama rata,tp ternyata yang buruh juga tetap buruh yg miskin ya tetang miskin tp yang otaknya pinter minterin orang bawahan semakin kaya ,,,karena pinter mengeruk penghasilan rakyat dengan dalil tidak boleh ada yang kaya ,,,demikian pula cina yang kaya orang orang yang di pemerintahan yang tani dan buruh tetap aja mknya kita sering lihat orang orang cina yg ingin punya harta harus pergi ke negara lain biar bisa punya tanah hak milik sendiri.....tu lihat belakang bandara sukarno hatta di kebun sayur banyak orang cina yang terusir dari negerinya hiugi akdupnya kasian melarat.....emang orang cina kaya semua makmur semua ...negaranya aja yg keliatannya kaya tp rakyat sama aja,,,,,terus yang ngeri lagi mereka jauh dari agama .....rugi akherat tok.....wes ojo do wedi basmi wae pki ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakkakaa goblok...
      Hahahaha...
      Wakakka...
      Korban propaganda

      Delete
    2. Wakakkakaa goblok...
      Hahahaha...
      Wakakka...
      Korban propaganda

      Delete
  32. kalo pki ...mau gembar gembor langsung aja gk usah mengada ada percuma allah bakal gagalkan makarnya tahun 1926 pki gagal susun kekuatan lagi ditahun 1948 pki berontak lagi yang di pimpinmuso gagal lagi muso modar....tahun 1965 pki berontak lagi gagal lagi aidit modar walhamdulillah...sekarang mentang mentang presiden berasal dari wilayah solo basis pki mau kowar kowar lagi....saya doakan pki modar lagi,,,udh gk usah bikin isu isu admin ente harus sadar banyak ibadah aja biar nanti klu ninggal tenang masih ada allah yang penyanyang

    gk usah nuduh 7 jendral mau mengkudeta soekarno...pemberontakan pki dr tahun ke tahun sudah membuktikankan bejatnya pki,maka tatkala soekarno mau menghidup hidupkan pki dari dewan jendralah gk gk setuju makanya pki menganggap 7 jendral itu yang menjadi lawan nantinya kalau mau kudeta sehingga di habisin dulu....di kampung kampung coba tanya mbah mbah tentang pki....pasti jawabannya kelakuan pki kurang ajar ,,terkususnya di jatim mereka banyak bunuh para tokoh kyai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu tidak bisa membedakan ideologi politim dan agama... WKakakakkaa

      Delete
    2. Kamu tidak bisa membedakan ideologi politim dan agama... WKakakakkaa

      Delete
  33. seperti itu lo watak pki , kok masih mau putar sejarah,udah aja klu memang cina suka pki indonesia suruh aja kirim uangnya untuk masyarakat yang bagikan para pki biar gk jadi orban lagi setiap warga miskin setiap bulan di jatah 2000000,itu baru makmur ,,,klu cumen di iming imingin kasiah para tani dan buruh mereka udh minim pengetahuannya ujungnya nanti harus jadi korban terbawa pemikiran pki di ajak lagi mberontak terhadap tni ya kasian to mas mas...wong clurit kok lawan AK ...LA palu lawan mortir....ini sama aja bunuh diri,,,,,
    inget kang jaman dah modern TNI udh bersenjata berat pki apa senjatanya?ganti dulu tu logonya jangan palu arit

    ReplyDelete
    Replies
    1. inget yo admin,,,jangan di hapus komentar saya klu kamu emang pki sejati bukan pengecut

      Delete
    2. inget yo admin,,,jangan di hapus komentar saya klu kamu emang pki sejati bukan pengecut

      Delete
    3. Bener PKI harus ganti simbol jangan palu arit.... kalo bisa ganti RUDAL NUKLIR ama F35... baru berontak lgi... kan IMBANG Bisa menang malahan... klo apes ya MATI KABEH PKI KENA NUKLIRNYA SENDIRI ..biar sejarah mencatat PKI KUDETA MENANG TAPI SEMUA MATI KARNA YANG DIJATUHKAN SENDIRI .... KAN KEREN

      Delete
    4. Bener PKI harus ganti simbol jangan palu arit.... kalo bisa ganti RUDAL NUKLIR ama F35... baru berontak lgi... kan IMBANG Bisa menang malahan... klo apes ya MATI KABEH PKI KENA NUKLIRNYA SENDIRI ..biar sejarah mencatat PKI KUDETA MENANG TAPI SEMUA MATI KARNA YANG DIJATUHKAN SENDIRI .... KAN KEREN

      Delete
  34. seperti itu lo watak pki , kok masih mau putar sejarah,udah aja klu memang cina suka pki indonesia suruh aja kirim uangnya untuk masyarakat yang bagikan para pki biar gk jadi orban lagi setiap warga miskin setiap bulan di jatah 2000000,itu baru makmur ,,,klu cumen di iming imingin kasiah para tani dan buruh mereka udh minim pengetahuannya ujungnya nanti harus jadi korban terbawa pemikiran pki di ajak lagi mberontak terhadap tni ya kasian to mas mas...wong clurit kok lawan AK ...LA palu lawan mortir....ini sama aja bunuh diri,,,,,
    inget kang jaman dah modern TNI udh bersenjata berat pki apa senjatanya?ganti dulu tu logonya jangan palu arit

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. ahlus sunnah sip,pengetahuan lo lebih maju dari admin

    ReplyDelete
  37. benar atau salah sejarah masa lalu itu, masih banyak kok masalah negeri ini. yang paling penting adalah mari kita jaga da junjung tinggi martabat bangsa kita.

    ReplyDelete
  38. pki akan bangkit ketika jokowi minta maaf kpd pki atas terjadinya '65 . ketika jokowi minta maaf maka pki menuntut ganti rugi, yang uang ganti ruginya itu dapat digunakan untuk mendirikan partai lagi dan maju ke pemilu. pada saat pemilu itu dipastikan pki menang. kalau pki menang sudah pasti anu

    ReplyDelete
  39. PKI Itu musuh rakyat Indonesia. hati2 dengan fitnah-fitnah yang disebarkan PKI.

    ReplyDelete
  40. kalo pki ...mau gembar gembor langsung aja gk usah mengada ada percuma allah bakal gagalkan makarnya tahun 1926 pki gagal susun kekuatan lagi ditahun 1948 pki berontak lagi yang di pimpinmuso gagal lagi muso modar....tahun 1965 pki berontak lagi gagal lagi aidit modar walhamdulillah...sekarang mentang mentang presiden berasal dari wilayah solo basis pki mau kowar kowar lagi....saya doakan pki modar lagi,,,udh gk usah bikin isu isu admin ente harus sadar banyak ibadah aja biar nanti klu ninggal tenang masih ada allah yang penyanyang

    gk usah nuduh 7 jendral mau mengkudeta soekarno...pemberontakan pki dr tahun ke tahun sudah membuktikankan bejatnya pki,maka tatkala soekarno mau menghidup hidupkan pki dari dewan jendralah gk gk setuju makanya pki menganggap 7 jendral itu yang menjadi lawan nantinya kalau mau kudeta sehingga di habisin dulu....di kampung kampung coba tanya mbah mbah tentang pki....pasti jawabannya kelakuan pki kurang ajar ,,terkususnya di jatim mereka banyak bunuh para tokoh kyai ....copy komennya Ahlu Sunah. Mantab

    ReplyDelete
  41. Wow, bagus novelnya... PKI jadi pahlawan!!!

    ReplyDelete
  42. Wow, bagus novelnya... PKI jadi pahlawan!!!

    ReplyDelete
  43. Pki itu pembunuh dari sejarahnya jadi gak mungkin di berantas kalau gak membunuh manusia yg bernama para jenderal itu. Ingat wahai PKI nyawa manusia itu mahal gak boleh sembarangan membunuh.

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah islaam memenangkan kemerdekaan RI dengan pekik Allohu Akbar sedangkan engkau wahai PKI mana jasa mu

    ReplyDelete
  45. Enak mana zaman soekarno atau soeharto ..... menurut buyut saya enak zaman soekarno karena lepas dr penjajahan .. tapi menurut kakek saya enak zaman soeharto sandang pangan murah dan menurut saya pribadi enak zaman sekarang bisa main pokemon go ......

    ReplyDelete
  46. setuju dengan artikelnya fakta dan realita,karena sejarah itu perlu buwat pendewasaan iq jongkok,,,,, but #ilove pancasila.

    ReplyDelete
  47. kok bertolak belakang sama yang aku baca kemarin

    ReplyDelete
  48. History is what's really happened ...

    ReplyDelete
  49. Sejarah sudah brubah coy... Hanya ada karma yg menjalaninya.... Boleh percaya boleh tidak....... Tp saya ancungin jempol ke alm pak soekarno,,cara pemikiran nya dan kepemimpinannya menaruh kepercayaan tinggi... Itu lh di juluki putra sang fajar..,,

    ReplyDelete
  50. Di sini pentingnya observasi pada sejarahwan yg tepat.ketika kita berfikir mana yg benar atau mana yg salah pasti akan trus ada perdebatan yg bisa saja berujung perpecahan.debat memang tidak ad salahnya cm kita harus lebih mencari bukti2 atau fakta2 sejarah yg bisa di percaya.

    ReplyDelete
  51. Sumbernya nggak ada.., enak dibaca hhaa

    ReplyDelete
  52. sangat berbeda dengan buku sejarah waktu SD dulu.. mana yang benar ??

    ReplyDelete
  53. PKI COBA2 MEMUTIHKAN NAMANYA... 2015 tahanan PKI dbebaskan. bahaya. mau berulah lg

    ReplyDelete
  54. نحن امة لا نختلف وان كانت ارأنا متنوع

    ReplyDelete
  55. Orang indonesia memang sgt lihai dlm hal berbicara, aku skrg masih sma, setiap guru atau dri kalangan apapun rasanya mampu memajukan negeri ini tpi faktanya hanya mendengar habya ubtuk membals bkn untuk dimengerti. Sejarah biarlah berlalu yg penting bagaimana skrg ini kita lah yg membuat negeri ini mju.
    Satu - satu cara untuk memajukan suatu negeri itu sudah dibuktikan oleh para sahabat r.hum melalui sunah baginda nabi muhammad saw yg tertera dlm Al-quran. 36 thun islam itu berhasil menguasai 2/3 dunia. Nabi muhammad 23 thun, abu bakar 2 thun ,umar 11 thun. Para sahabat dahulu buknnya skolah tinggi tetpi berdasarkan sunah mereka mampu

    ReplyDelete
  56. Orang indonesia memang sgt lihai dlm hal berbicara, aku skrg masih sma, setiap guru atau dri kalangan apapun rasanya mampu memajukan negeri ini tpi faktanya hanya mendengar habya ubtuk membals bkn untuk dimengerti. Sejarah biarlah berlalu yg penting bagaimana skrg ini kita lah yg membuat negeri ini mju.
    Satu - satu cara untuk memajukan suatu negeri itu sudah dibuktikan oleh para sahabat r.hum melalui sunah baginda nabi muhammad saw yg tertera dlm Al-quran. 36 thun islam itu berhasil menguasai 2/3 dunia. Nabi muhammad 23 thun, abu bakar 2 thun ,umar 11 thun. Para sahabat dahulu buknnya skolah tinggi tetpi berdasarkan sunah mereka mampu

    ReplyDelete
  57. Orang indonesia memang sgt lihai dlm hal berbicara, aku skrg masih sma, setiap guru atau dri kalangan apapun rasanya mampu memajukan negeri ini tpi faktanya hanya mendengar habya ubtuk membals bkn untuk dimengerti. Sejarah biarlah berlalu yg penting bagaimana skrg ini kita lah yg membuat negeri ini mju.
    Satu - satu cara untuk memajukan suatu negeri itu sudah dibuktikan oleh para sahabat r.hum melalui sunah baginda nabi muhammad saw yg tertera dlm Al-quran. 36 thun islam itu berhasil menguasai 2/3 dunia. Nabi muhammad 23 thun, abu bakar 2 thun ,umar 11 thun. Para sahabat dahulu buknnya skolah tinggi tetpi berdasarkan sunah mereka mampu

    ReplyDelete
  58. bagi yang ingin mengetahui pemikiran pki dan ideologinya yang kufur silahkan main kan android anda

    www.antikomunisme.com

    ReplyDelete
  59. sumber yang bisa dipertnggung jawabkan

    ReplyDelete
  60. http://www.tniad.mil.id/index.php/2012/08/kehancuran-pki-tahun-1965-1966/

    ReplyDelete
  61. Kelihatan yg nulis bukan dari dan era yg berbeda.menilai harus profesional.jg asal menyalahkan.skrg pada dasarnya yang nulis apa pernah bertanya tentang perasaan keluarga korban orang sipil yg dibantai oleh para pki.sejarah biarlah sejarah gak usah dicari salah benarnya.bukan kita gak mau mengenang,tapi alangkah bijak kita berusaha mengenang kebaikan saja.kita orang kecil mari kita pikir tentang hal yang sekiranya mampu kita buktikan dan wujudkan.gak usah ngomong sundul langit nggraji angin.

    ReplyDelete
  62. Kelihatan yg nulis bukan dari dan era yg berbeda.menilai harus profesional.jg asal menyalahkan.skrg pada dasarnya yang nulis apa pernah bertanya tentang perasaan keluarga korban orang sipil yg dibantai oleh para pki.sejarah biarlah sejarah gak usah dicari salah benarnya.bukan kita gak mau mengenang,tapi alangkah bijak kita berusaha mengenang kebaikan saja.kita orang kecil mari kita pikir tentang hal yang sekiranya mampu kita buktikan dan wujudkan.gak usah ngomong sundul langit nggraji angin.

    ReplyDelete
  63. Padahal lahirnya thn 90'an tapi tau kronologi pembantaian 30 S PKI thn 65 yaaa...waahh hebatt banget nih orang

    ReplyDelete
  64. Laporin aja ke TNI nih bwt yg nulis, dasar PROVOKATOR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BETUL LAPORKAN AJA SM SAYA KALAU ADA YG BERBAU PKI..

      Delete
  65. Kenapa gak di ceritain juga kekejaman pki sama rakyat? Sama muslim dan santri2 di pesantren?

    ReplyDelete
  66. kami dari https://goo.gl/1vTl46 ingin memberitahukan kami sedang mengadakan promo promo bonus menarik untuk kalian para pecinta game Poker,Domino,BandarQQ seindonesia dengan promo bonus antara lain :

    - Bonus Referral Seumur Hidup 20%
    - Bonus TurnOver Mingguan Up to 0,5%

    bukan hanya itu saja setiap bulan kita juga memberikan event-event menarik dengan bonus yang menarik juga tentunya.
    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami Via LiveChat di : https://goo.gl/1vTl46

    ReplyDelete
  67. Hari ini 30 sept tidak ada rasa berkabung alias tdk ada bendera setengah tiang

    ReplyDelete

  68. http://www.rupiahqq.poker/?ref=dela1996 4game dalam 1 user id
    minimal depo 10.000 wd 20.000 bonue trun over 0.5% dan referal 20%

    ReplyDelete
  69. Wis ben wae, aku ra weruh tur moh weruh, sakarepmu kabeh.
    Sing penting aku wis kerjo mapan, masio ming cukup nggo mangan ro jajan.
    Do ributo kono, modar2-o dhewe, ra ngaruh dinggo awakku. Mending do sinau sing pinter, ben iso nyambut gawe, iso nguripi keluargamu dewe2. SIMPLE TOH...

    ReplyDelete
  70. Wis ben wae, aku ra weruh tur moh weruh, sakarepmu kabeh.
    Sing penting aku wis kerjo mapan, masio ming cukup nggo mangan ro jajan.
    Do ributo kono, modar2-o dhewe, ra ngaruh dinggo awakku. Mending do sinau sing pinter, ben iso nyambut gawe, iso nguripi keluargamu dewe2. SIMPLE TOH...

    ReplyDelete
  71. kita semua tidak usah saling menyalahakn masalah PkI .menurut ku itu adalah tugas negara yang punya wewenang.oleh karena itu kita ambil hikmahnya aja?masa lalau biarlah berlau yang kita perlu pikirkan adalah masa depan tang sejahtera .demi kelangsungan bangsa dan negara kita yang tercinta ini

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Dah laah ga usah pd ribut kita semua dh tau, sdh menjadi rahasia umum kalee presiden mna yg d cintai & yg d benci oleh rakyatnya sndiri dr dulu smpai skrg, presiden yg d cintai rakyatnya yaitu yg pertama presiden yg menjadi musuh para penjajahnya karena selalu pro rakyat pd saat zaman pejajahan yg ke-dua presiden selalu d dukung rakyat "BUKAN" d gulingkan oleh rakyatnya sendiri.

    ReplyDelete
  74. Buat film mas bioskop aja supaya jelas kita bisa nononton di 21cineplex....

    ReplyDelete
  75. Rasanya ada yang terlewatkan ditulisan ini, peran Amerika dan inggris akibat politik Ganyang Malaysia oleh Ir.Sukarno serta Presiden Soekarno kala itu lebih berpihak kepada Rusia dan RRC yang merupakan seteru Amerika

    ReplyDelete
  76. Yaudah, PKI kan sudah habis sampai akar2 nya. Klo ada muncul PKI baru, kita musnahkan saja dan laporkan. Buat para pemimpin sekarang, biarlah aparat institusi dan tuhan yg membalasnya. Harta dan kekuasaan cuma sampai di tenggorokan nya saja. NERAKA jaminan nya. Sekarang kita cuma mendoakan yg terbaik buat negeri ini, jgn sampai di fitnah dan di kambing hitamkan lagi. Klo berdebat, lasri berselisih paham, akhirnya kita semua bermusuhan. Kira semua kan bersaudara. Jadi kita saling membantu dan biarkan "yesterday is history, tomorrow is mistery, and today is a gift. Thanks, assalamualaikum saudaraku

    ReplyDelete
  77. saya butuh sumber jelasnya dong min. Karna mau di diskusikan di perkuliahan.

    ReplyDelete
  78. Intinya, hidup cuma sementara, perbanyak amalan baik untuk bekal di akhirat, kalau semua baik bangsa pasti baik, dan pada akhirnya, surgalah tmpat kita, aseeeekkk, cerita selesai

    ReplyDelete
  79. Intinya, hidup cuma sementara, perbanyak amalan baik untuk bekal di akhirat, kalau semua baik bangsa pasti baik, dan pada akhirnya, surgalah tmpat kita, aseeeekkk, cerita selesai

    ReplyDelete
  80. Cerita diatas bohong besar, faktanya adalah, Soehartolah yg membangun pki tersebut kemudian memfitnahnya sebagai partai terlarang yg harus ditumpas, soeharto bukan saja tau pembantaian terhadap jendral2 tersebut, tapi otak dari pembantaian tersebut adalah soeharto, ambisi soeharto hanya ingin jadi pemimpin tertinggi di negeri ini dan ingin pamornya disegani seluruh nusantara, strategi ini dia dapat/belajar dari bangsa jepang yaitu "melumpuhkan negara hanya dengan satu malam/kudeta", maka dari itu dimulailah dari para jendral besar2, setalah disingkirkan barulah dia (soeharto) bebas menebar doktrin fiksi mengenai pki. Artikel diatas itu buatan pendukun pki, menurutmu jika pki ingin mengkudeta indonesia yg dimulai dari para jendral, pertanyaannya adalah "MENGAPA SOEHARTO LOLOS DARIAKSI TERSEBUT", apa jawabannya masih sama yaitu "SOEHARTO BUKAN ORANG YG TERLALU DIPERHITUNGKAN" imposible jika berargumentasi seperti itu, pertanyaan besar bukan, jika semua jemdral waktu itu dibantai (termasuk soeharto) maka sistem pertahanan militer indonesia akan sangat mudah dijatuhkan, maka dari itu, dari semua yg dibantai oleh pki haruslah tetap tinggal satu, menurutmu yg satu itu gunanya untuk apa, maka dari itu soeharto berhasil duduk di negeri ini dengan pangkat seorang presiden namun dengan cara keji dia dapatka pangkat tersebut. APA KALIAN MASIH MAU DIBODOH BODOHI CERITA DIATAS.

    ReplyDelete
  81. ...TERUSLAH BEKERJA,JANGAN BERPANGKU PADA NEGARA!!
    lakukan apa yg Terbaik bagi TUHAN,SESAMA dan DIRI SENDIRI (itu namanya HIDUP).
    Gitu aja kok repoott..
    Cara membaca sejarah gunakan hati nurani, kalau ada sedikit banyak kesalahan itu namanya Manusia.
    Kebenaran yg Sejati hanya milik TUHAN YME.

    (Jangan menyalahkan ini dan itu, blm tentu yg komentar benar belum tentu juga penulisnya salah.. atau mungkin kalau digabung antara penulis dan komentator bisa menjadi KEBENARAN).

    Pendapat A,B,C,D,dst tiap pendapat berbeda beda.. minta kebenaran masing2. Padahal itu lebih Solid jika dikumpulkan semua menjadi satu, dan itu akan menjadi JAWABAN.

    THANKS. salam dari orang pribumi NUSWANTARA.

    ReplyDelete
  82. heeee, bloger sakit hati detected
    nama nya aja PKI (komunis), bertentangan dengan ideologi PANCASILA, pfffffft. Pake acara memojokan Alm Pak Soeharto, emang harus dibasmi PKI, sampe keakarnya bila perlu

    ReplyDelete
  83. HEBAT SOEHARTO,,,KALO GAK SKRG PASTI NEGARA KITA JADI NEGARA KOMUNIS...HIDUP JENDRAL SOEHATO...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak KIM family menguasai rakyat KORUT sampai dgn saat ini y pak....2016 tapi kayak thn 1960-an kalo liat kondisi KORUT....hehehe

      Delete
  84. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  85. Sy tdk pro pki dan suhorto..
    Sya spakat spt apa yg tercantum dlm selebaran itu bahwa sejarah yg kita ketahui adlh sejarah manipulasi. Klwpun sejarah indonesia yg terkait dengan pki itu benar, mengapa hari ini sejarah pki tdk tercantum lgi dlm kurikulum pendidikan sejarah.

    ReplyDelete
  86. ini yang bikin artikel udah jelas PKL tulen, harus segera di selidiki siapa pemiliknya, karna merekan masyarakat.

    ReplyDelete
  87. Dengar dan perhatikan disekitar anda dan tetap waspada saudaraku, PKI memang masih ada dan mereka belum menunjukkan taringnya krn pengikutnya masih sedikit. Dan saat ini dibutuhkan persatuan seluruh NKRI untuk bisa menjaga negara kita sendiri. Jangan mau dikambing hitamkan saudaraku, ingat trik ini yang digunakan PKI dimasa lalu!! NKRI harga mati

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  90. Hati hati ya guys kalo nemu postingan tentang PKI. sekarang mereka sedang berusaha memutar balikan fakta, seakan akan mereka yang menjadi korban. Dan perlu di ingat juga sebelum soeharto dan TNI menumpas PKI. PKI telah melakukan pembantaian terhadap umat muslim, santri santri pesantren, dan yang masih tercatat disaat umat muslim melakukan solad id, mereka datang dan membantai orang orang yang sedang solat. Kebangkitan mereka telah disusun secara sistematis dan perlahan. sampai pada saatnya nanti pemerintah dan presiden meminta maaf kepada orang orang PKI dan keturunannya. dan disaat itulah mereka akan mendeklarasikan kebangkitan PKI. Semua harus mewaspadai, Ingat Sekali KOMUNIS TETAP KOMUNIS. mereka adalah Yahudi nya Asia

    ReplyDelete
  91. mohon bersabar.. Ini Ujian.. Ujian Dari Allah

    ReplyDelete
  92. benar atau tidak,,"sejarah itu ditulis oleh pemenang",pemenang bisa menulis apapun bisa itu kenyataan,atau sebuah kebohongan besar.

    ReplyDelete
  93. Artikel di atas dapat mencerminkan kalau orang yang menulisnya adalah seseorang yang berpikiran sempit.

    ReplyDelete
  94. coba silahkan di buka di youtube film shadow play. banyak kesaksian-kesaksian dari warga indonesia dan reporter inggris yg dicekal serta ditahan tanpa sebab. biar lebih jelas dan tidak saling tuduh

    ReplyDelete
  95. Satu yang ingin saya tanyakan, Kenapa sangat mendukung PKI? Apakah sukarno mendukung Komunis di negara ini? Kalo bukan karena bapak suharto mungkin negara ini sdh mnjadi negara Komunis

    ReplyDelete
  96. Urusin aja diri sendiri lah , ga usah saling menuduh ,.,. Yg tau fakta hanya mereka sendiri dan tuhan . Yg penting sekarang bagaimana memajukan bangsa ini ., Jng malah pada ribut

    ReplyDelete
  97. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  100. Mimpi kejahatan tetap kejahatan . Sejarah memutar fakta lebih memghinakan...layak hukuman sesuai.kejahatan..adapun kesalahan kecil...padahal itu hanyalah sudut pandang yang tidak dapat diwakilkan...

    ReplyDelete
  101. penulis harusnya menyampaikan alasan mendasar kenapa ada pembentukan Dewan Jendral.
    Kepintaran penulis menyudutkan kesalahan kepada seseorang PERHATIKAN PARAGRAF INI :

    " Pagi harinya Soeharto bergerak cepat dan melangkahi tugas beberapa orang jendral atasannya dengan memegang tampuk pimpinan TNI untuk sementara tanpa meminta restu dari Presiden. Di buku sejarahku waktu SD ditulis, “Mayjen TNI Soeharto dengan tangkas memegang tampuk pimpinan TNI yang lowong sepeninggal A Yani.” Kalau bisa dan boleh aku ingin mengedit tulisan di buku sejarahku dengan kata-kata, “dengan lancang Soeharto memegang tampuk pimpinan TNI.” Masih banyak orang yang harusnya dimintai restu oleh Soeharto atas inisiatifnya memegang tampuk pimpinan TNI."

    Perhatikan Juga :

    "Akhirnya supersemar ditandatangani oleh Soekarno, namun supersemar tidak ditujukan kepada Soeharto. Hal ini membuat Soeharto panas, entah dengan cara apa, Soeharto berhasil melenyapkan surat itu dan membuat pernyataan palsu dengan mengatakan bahwa supersemar ditujukan kepadanya untuk memegang tampuk pimpinan TNI untuk sementara dan mengembalikan stabilitas nasional."

    saya bukan pendukung soeharto dan Soeharto pun bukan orang bersih saya kira, tapi saya angkat topi untuk jasa beliau menyelamatkan NKRI dari faham KOMUNIS yang ada dibumi pertiwi...

    Penulis harusnya menceritakan juga sejarah PKI dari jaman Hindia Belanda...

    PKI tidak pernah berjuang Untuk NKRI, PKI hanya berjuang untuk faham mereka sendiri.....!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati - hati bahaya laten Komunis. Blog ini sumber nya tidak jelas dan lebih banyak berisi prasangka yang menjurus ke fitnah.

      Delete
  102. Menurut tulisan di atas pada dasarnya PKI binaan Soekarno, rakyat emang menderita karena ekonomi yang memburuk.
    Dewan Jendral ingin melakukan kudeta karena rakyat juga, ingin menyelematkan perekonomian rakyat waktu itu. Sementara presiden soekarno tetap ingin memegang jabatannya sebagai presiden dibantu dengan PKI melenyapkan 7 jendral. Sementara Soeharto berprinsip "from zero to hero" dengan membiarkan penumpasan jendral terjadi.

    Jika dari tulisan diatas maka penulis hanya mengungkapkan sejarah dan tidak mendukung siapapun.

    Kejahatan menurut penulis pun jelas :
    1. PKI yg didukung presiden Soekarno membunuh 7 jendral dengan dalih kudeta utk melindungi sisi negatif dari pemerintahan waktu itu.
    2. Soeharto menghilangkan bukti sejarah, dan dengan caranya yg licik melengserkan pemerintahan presiden Soekarno.

    ReplyDelete
  103. yg jelas pada zaman soeharto tembagapura jadi bahan jarahan amerika. lhaaa gmna jaman soehar gk enak kan negara adidaya yg ngasih cekokan, justru saat ini knpa ekonomi susah harga melonjak, krna pemerintah ingin kita lepas dari asing.. apa kabar pak habibi yg tidak dpat restu untuk membuat dirgntara d indonesia.. permainan amerika agar indonesia membeli pesawat mereka! cari sendiri artikelnya

    ReplyDelete
  104. Menurut saya kenapa pada bilang jaman Soeharto enak demgan harga harga yg murah , itu karena disubsidi , dan memang pada saat itu hanya ada dua paham yg merajai didunia .. yaitu demokrasi dam komunis.
    Dimana komunis adalah Uni Soviet dan demokrasi adalah Amerika.. pada saat itu karena pak Soekarno adalah orang yg sangat baik terhadap siapa saja maka beliau tidak membedakan antara dirinya dan masyarakatnya.. dan ditambah lagi Soekarno sangat dekat dengan orang orang PKI dan begitu pula sebaliknya
    Hal ini membuat Amerika takut , jika Indonesia akan berada pada pihak Komunis maka akan pro Soviet..akhirnya Amerika mencari orang di Indonesia untuk melakukan skenario yg akhirnya terjadi di tahun 1965 tersebut.. nah dalangnya adalah Amerika (yg pada dasarnya takut jika Indonesia akan prp ke Soviet) dan wayangnya adalah Soeharto
    Nah oleh karena itu , kan akhirnya berhasil dituntaskan tuh PKI sama Soeharto ... Amerika pada saat itu ngasih tau ke Soeharto kalo indonesia jadi mengarah ke demokrasi ,kami alias Amerika akan memberikan banyak bantuan ke Indonesia (maklum dulu Indonesia adalah negara strategis di Asia Tenggara)
    Makanya freeport bisa dipegang Amerika ya karena Soeharto mau ngga mau nurut sama Amerika nah kita pada saat itu harga murah karena disubsidi pemerintah , namun karena subsidi yg terlalu besar Indonesia memiliki banyak utang , dan yg susah payah membayar hutang adalah presiden setelah Soeharto , makanya wajar kalo kita banyak utang 32 tahun kita disubsidi bayangin aja utangnya kayak apa wkwk
    Dan emang kebanyakan dibantu sama Amerika , disini yg koplak adalah Amerika wkwk makanya pak Karno sangat tidak suka dengan Amerika

    No offense ya guys sama sama belajar cari pengetahuan biar open mind aja.. saya bukan sejarahwan tapi saya kuliah di ekonomi jadi sedikit tau tentang subsidi dan kenapa Indonesia banyak utang

    ReplyDelete
  105. Menurut saya kenapa pada bilang jaman Soeharto enak demgan harga harga yg murah , itu karena disubsidi , dan memang pada saat itu hanya ada dua paham yg merajai didunia .. yaitu demokrasi dam komunis.
    Dimana komunis adalah Uni Soviet dan demokrasi adalah Amerika.. pada saat itu karena pak Soekarno adalah orang yg sangat baik terhadap siapa saja maka beliau tidak membedakan antara dirinya dan masyarakatnya.. dan ditambah lagi Soekarno sangat dekat dengan orang orang PKI dan begitu pula sebaliknya
    Hal ini membuat Amerika takut , jika Indonesia akan berada pada pihak Komunis maka akan pro Soviet..akhirnya Amerika mencari orang di Indonesia untuk melakukan skenario yg akhirnya terjadi di tahun 1965 tersebut.. nah dalangnya adalah Amerika (yg pada dasarnya takut jika Indonesia akan prp ke Soviet) dan wayangnya adalah Soeharto
    Nah oleh karena itu , kan akhirnya berhasil dituntaskan tuh PKI sama Soeharto ... Amerika pada saat itu ngasih tau ke Soeharto kalo indonesia jadi mengarah ke demokrasi ,kami alias Amerika akan memberikan banyak bantuan ke Indonesia (maklum dulu Indonesia adalah negara strategis di Asia Tenggara)
    Makanya freeport bisa dipegang Amerika ya karena Soeharto mau ngga mau nurut sama Amerika nah kita pada saat itu harga murah karena disubsidi pemerintah , namun karena subsidi yg terlalu besar Indonesia memiliki banyak utang , dan yg susah payah membayar hutang adalah presiden setelah Soeharto , makanya wajar kalo kita banyak utang 32 tahun kita disubsidi bayangin aja utangnya kayak apa wkwk
    Dan emang kebanyakan dibantu sama Amerika , disini yg koplak adalah Amerika wkwk makanya pak Karno sangat tidak suka dengan Amerika

    No offense ya guys sama sama belajar cari pengetahuan biar open mind aja.. saya bukan sejarahwan tapi saya kuliah di ekonomi jadi sedikit tau tentang subsidi dan kenapa Indonesia banyak utang

    ReplyDelete
  106. Sejarah itu mengikuti alur cerita sang penguasa

    ReplyDelete
  107. Sejatah itu menhikuti alur cerita sang penguasa

    ReplyDelete
  108. Jujur sih gw gak terlalu peduli sama sejarah, mau siapa yang bener ya gpp, doain mereka semua, kita semua bahagia aja sih menurut gw

    ReplyDelete
  109. lalu bagaimana dengan pembantaian ulama, kyai, dan masyarakat kalau itu oleh PKI..koq ga dijabarkan om...?

    ReplyDelete
  110. Om, kakek gua cerita. kalo PKI itu biadab.
    dia ngeliat pake mata kepalanya sendiri banyak keluarga yang meninggal dibunuh PKI, pki ngebakar rumah warga, dll.
    sumber ane lebih akurat.
    orang yang ngerasain zaman jepang(beliau sewaktu itu udah remaja), PKI, dll tetek bengek.

    ini mengambil sejarah dari mana ?
    kenapa saya terkesan sinis dengan blog ini ?
    karena saya MENDENGAR LANGSUNG KESAKSIAN KAKEK SAYA DAN SEKARANG MASIH HIDUP ATAS KEBIADABAN PKI TERHADAP MASYARAKAT YANG NON PKI WAKTU ITU.
    bagaimana tidak sinis jika melihat tulisan di atas?
    seolah olah mengkambing hitamkan soeharto ?
    saya tidak bermaksud pro soeharto atau apa.
    tetapi intinya, APAKAH WATAK PATRIOTRISME DAN NASIONALISME PARA JENDERAL PADA SAAT ITU MERAGUKAN ?
    KEMERDEKAAN INDONESIA itu TANGGAL BERAPA SIHH ?
    KOK WATAK NASIONALISME NYA SUDAH HILANG SAJA ?
    INGIN MELANCARKAN KUDETA ?
    LOGIKA NYA DIMANA ???
    PADAHAL ITU MASIH ANGET ANGETNYA LLOOH SEMANGAT NASIONALISME.
    jangan diputarbalikan sejarah donng.
    apakah anda melihat langsung bagaimana kebiadaban pki?
    kenapa saya bisa menuliskan hal seperti ini ?
    karena, saya mendapatkan perasaan yang tersalurkan PERJUANGAN BANGSA INDONESIA sewaktu mendengar cerita kakek saya.
    memang, sewaktu saya di ceritakan sama kakek saya, saya merasakan biasa biasa saja(pada saat itu belum ada isu pki).
    nah, pas belakangan ini saya inget, cerita kakek saya, dan entah kenapa merasa sesak di dada. seolah olah merasakan PERJUANGAN BANGSA INDONESIA PADA SAAT ITU MELAWAN PKI.
    itulah kenapa saya berani menolak tulisan diatas.

    ReplyDelete
  111. ada yang ketinggalan,
    PKI Menyerang warga karena warga menolak PKI.
    itulah kenapa pki diperlakukan seperti itu.

    ReplyDelete
  112. Tonton film SENYAP sama ACT OF KILLING. film ini menceritakan jagal-jagal pembantaian 65 terhadap PKI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Filmnya ditayangin dimana ka? Ga ditayangin di bioskop kan?

      Delete
  113. Setau saya KAMMI didirikan pada saat reformasi tragedi 1998 di batu Malang. Kok 1965 ? Bagaimana sama para ulama yang dibunuh ? Kalau kata Anda itu adalah cara Soeharto lagi, mungkin saya harus cari kebenarannya

    ReplyDelete
  114. PKI Bajingan.. Jenderal Besar di bunuh, para ulama besar Muslim di bunuh, negara ideologi pancasila mau di ubah paham komunis,, jangan memutar balikan fakta orang2 PKI ingat TNI / Kaum Muslim di negeri ini tak tinggal diam

    ReplyDelete
  115. Pki itu jauh dari islam.. ataupun kedamaian.. maka kita selaku rakyat harus berdoa agar PKI jangan kembali lagi.. bisa rusuh.. di zaman sekarang pandangan saya bahwa pki sudah mulai tumbuh.. kita harus waspada....

    ReplyDelete
  116. sedihnya bung karno ga pernah di adili sampai akhir hayatnya setelah terjadinya pemberontakan g30spki sampai supersemar , alm pak harto memang makai cara otoriter dari cara kepemimpinannya , yang tidak sepaham "penjarakan" ...
    Bung karno cma bisa bilang "salah saya apa" :(
    tapi ingat diakherat akan ada hari pembalasan ...

    ReplyDelete
  117. sedihnya bung karno ga pernah di adili sampai akhir hayatnya setelah terjadinya pemberontakan g30spki sampai supersemar , alm pak harto memang makai cara otoriter dari cara kepemimpinannya , yang tidak sepaham "penjarakan" ...
    Bung karno cma bisa bilang "salah saya apa" :(
    tapi ingat diakherat akan ada hari pembalasan ...

    ReplyDelete
  118. tapi kalo PKI mau bangkit membawa dendam atau ideologi ideologi yang bukan atas dasar pancasila ...
    save NKRI , save keluarga kita , save saudara saudara muslim kita ...
    Takbiiiiiiiiiir .. ALLAHU AKBAR .... !!!
    Lahaula Wala Quwata Illa Billahil Aliyil Adzim

    ReplyDelete
  119. sedihnya bung karno ga pernah di adili sampai akhir hayatnya setelah terjadinya pemberontakan g30spki sampai supersemar , alm pak harto memang makai cara otoriter dari cara kepemimpinannya , yang tidak sepaham "penjarakan" ...
    Bung karno cma bisa bilang "salah saya apa" :(
    tapi ingat diakherat akan ada hari pembalasan ...

    ReplyDelete
  120. ayo perbaiki diri, Indonesia kita bangun mulai dari diri kita. Kita masing-masing memperbaiki diri dan ada kesediaan untuk memajukan Indonesia, Insya Allah Indonesia maju.

    ReplyDelete
  121. bukan masalah tentang PKI benar, salah dan Soeharto benar atau salah. Tapi tentang fakta yang SEBENARNYA yang benar2 terjadi itu seperti apa. Jika kita mau menguliti satu persatu maka kita akan tahu Jalan Ceritanya seperti apa dan sumber masalah nya apa. Pada dasarnya kedua belah pihak sama sama mempunyai kesalahan, namun hanya satu pihak saja yang kesalahannya dikuliti dan dibumbui oleh berita HOAX yang akhirnya dipercayai masyarakat bertahun-tahun.Seharusnya pihak satunya juga berani diungkap juga apalagi memakai teori Detektif maka pihak yang diuntungkan adalah pihak yang seharusnya dicurigai

    ReplyDelete
  122. Pada akhirnya setiap orang punya ceritanya masing masing mengenai tragedi ini selama belom d rilis secara resmi kebenarannya oleh pemerintah

    ReplyDelete
  123. dulu bnyak rakyat yg ikut serta menggulingkan Soeharto, skrg malah bnyak rakyat yg mrindukan presiden sosok soeharto..

    ReplyDelete
  124. Menurut ku yg nulis artikel gk bisa dipercaya juga..huufffff

    ReplyDelete
  125. hemm... masih tanda tanya bagi w sie ... blom bisa di percaya.

    ReplyDelete
  126. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  127. http://detik206.blogspot.com/2017/05/domino206.html

    http://marimenujudomino206.blogspot.com/2017/05/website-tepercaya-domino206-mari-join.html

    http://beritadomino2o6.blogspot.com/2017/05/pengakuan-ra-reni-anggreini-sering.html

    http://jutawandomino206.blogspot.com/2017/05/pria-ini-buat-grup-lendir-siap-sediakan.html

    ReplyDelete
  128. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games bos!
    CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik

    Contact Us :
    + Facebook : @Legendakiukiu
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    http://hokilegenda.blogspot.com/2017/05/legenda-news-juara-dunia-motogp-2006.html

    ReplyDelete