Mengerikan Sekali, Ternyata Inilah Penyebab Tragedi Mina 2015


Pekan ini terjadi kembali lagi tragedi Mina, yang merenggut nyawa hampir 800 orang jemaah.


Tragedi Mina 2015 memang banyak menyisakan duka, namun penelitian terbaru menyatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh masalah dinamika arus jalan jemaah.

Wired melansir, masalah dari tragedi ini dipicu oleh beberapa faktor, entah itu 'kegilaan' yang muncul ketika banyak orang menuju satu destinasi yang sama, atau 'panik pelarian' yakni hendak mengeuarkan diri dari keramaian.

Lalu skenario selanjutnya adalah 'turbulensi', yakni ketika kerumunan coba untuk menuju ke beberapa tempat dalam waktu yang bersamaan. Laporan dari pihak Arab Saudi menyatakan bahwa kerumunan di sana bergerak ke dua arah yang berbeda.

Beberapa skenario di atas bisa memicu terjadinya mati terinjak-injak atau berdesakan. Pekan ini terjadi kembali lagi tragedi Mina, yang merenggut nyawa hampir 800 orang jemaah.

Dalam waktu 100 tahun terakhir sebelum tahun 2009, lima dari 10 kasus mati terinjak-injak massal terjadi di Lembah Mina. Mulai tahun 2006, pihak berwenang Arab Saudi mulai memberlakukan jalur dengan jam kunjung tertentu di Jembatan Jamarat.

Karena kejadian yang terus berulang, di jembatan ini sudah ada korban 1.000 jemaah yang tewas terinjak-injak.

Labels: Berita, Seram

Thanks for reading Mengerikan Sekali, Ternyata Inilah Penyebab Tragedi Mina 2015. Please share...!

0 Comment for "Mengerikan Sekali, Ternyata Inilah Penyebab Tragedi Mina 2015"

Back To Top