Lima Pintu 'Dunia Lain' Misterius Yang Bisa Anda Kunjungi

Terungkaplagi Sunday, July 26, 2015
Segala sesuatu yang misterius selalu menarik untuk disimak, termasuk diantaranya dunia mistis dimana para jin dan makhluk halus berada. Pertanyaannya kemudian adalah apakah mereka benar-benar ada? Kalau memang ada, bagaimana kehidupan mereka? Apakah sama dengan manusia dimana kita harus bekerja mencari nafkah untuk bisa bertahan hidup? Kemudian yang paling penting adalah, dimana dunia mistis ini berada?

Tidak hanya di negara kita, banyak tempat lain di dunia yang dipercaya sebagai pintu masuk menuju dunia mistis ini dan untuk membuktikannya, Anda harus mengunjunginya sendiri karena tempat-tempat ini sekarang menjadi obyek wisata. Boleh percaya atau tidak, berikut daftar 5 tempat yang dipercaya sebagai pintu menuju dunia lain:

1. Xibalba, Belize

pintu menuju 'dunia lain' di Xibalba

Terletak di Belize, Amerika Tengah, tempat yang dipenuhi gua-gua panjang ini dulu adalah salah satu pusat kebudayaan suku Maya kuno dimana para penduduknya sangat mempercayai kekuatan supranatural dan dunia mistis. Pada salah satu ujung gua utama yang sekarang menjadi obyek wisata inilah pintu menuju Xibalba dipercayai berada. Wisatawan boleh masuk ke dalam gua dan melihat kerangka korban ritual suku Maya berserakan, tetapi tidak boleh memasuki pintu di ujung gua.
Masyarakat suku Maya kuno percaya bahwa Xibalba yang artinya ‘dimana rasa takut berada’ adalah dunia mistis yang dihuni oleh 12 iblis dan para budaknya. Mereka bertanggungjawab atas kematian, penyakit, kelaparan, kemiskinan dan lain-lain. Karena itu di sepanjang gua ini bisa Anda temukan kuil-kuil yang dibangun untuk memuja mereka sekaligus sebagai tempat upacara ritual pengorbanan manusia. Para arkeolog setidaknya telah menemukan sebelas kuil di sepanjang gua ini.

2. Yomi No Kuni, Jepang

pintu masuk Yomotsu Hirasaka

Yomi No Kuni (dunia kegelapan) adalah sebuah tempat yang terletak di perfektur Shimane, Jepang yang dipercaya oleh penganut Shinto sebagai pintu masuk menuju dunia lain. Pintu ini dipercayai tertutup batu-batu gunung besar yang sengaja diletakkan disana oleh para dewa untuk menjaga penghuninya agar tidak bisa keluar.

Sekarang para wisatawan bisa mengunjungi tempat yang disebut sebagai Yomotsu Hirasaka ini dimana di tempat ini juga dibangun sebuah kuil Shinto sebagai tempat pemujaan Izanami, dewa yang menguasai dunia mistis tersebut. Tempat ini memang sama sekali tidak indah dan menakjubkan tetapi bagi wisatawan yang mencari alternatif wisata ‘dunia lain’ bisa mempertimbangkannya.

3. Newgrange, Irlandia

Newgrange dan pintu masuknya

Newgrange adalah sebuah kompleks pemakaman kuno di Boyne Valley, Irlandia, dan telah ada sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, kompleks pemakaman ini juga dipercaya sebagai pintu masuk menuju dunia lain oleh masyarakat Celtic, dimana mereka yang telah mati bisa keluar masuk mengunjungi sanak kerabat mereka yang masih hidup.

Selain itu, di tempat mistis ini juga dipercaya terdapat sumur ajaib yang tidak bisa kering, dimana pohon-pohon sekitarnya berbuah sepanjang tahun menyediakan makanan dan minuman bagi penduduk sekitar di masa lalu. Entah benar atau tidak, banyak diantara para wisatawan yang merasakan kedamaian dan perasaan aneh ‘sesuatu’ tengah mengawasi mereka di sana. Tetapi yang jelas kompleks pemakaman yang dikelilingi prasasti batuan kuno ini memang sangat indah terutama ketika malam hari.

4. Scholomance, Rumania

danau Scholomance

Jika Anda seorang penggemar game World of Warcraft mungkin pernah memainkan karakter Scholomance ini, karena tokoh fiksi ini memang berdasar pada kisah tempat mistis yang disebut Scholomance di Rumania. Tempat mistis yang dipercaya berada di tengah danau obyek wisata Balea di Sibiu ini adalah sebuah pintu menuju ‘sekolah gaib’ dimana setiap tahunnya menerima 10 murid baru yang akan diajari ilmu sihir hitam. Setelah sekolah selesai, hanya 9 orang yang akan diluluskan sementara 1 orang menjadi budak sang guru untuk selama-lamanya.

Legenda Scholomance ini di Rumania tidak kalah terkenal dengan legenda Rumania lain yaitu Dracula dari Transylvania, bahkan Bram Stoker menggunakannya sebagai inspirasi dalam novel ‘Bram Stoker's Dracula’ untuk menggambarkan bagaimana keluarga Dracula mendapatkan kekuatannya.

5. Danau Guatavita, Kolombia

danau Guatavita dan emas hasil temuan

Terletak 35 mil timur laut ibu kota Kolombia, Bogota, danau obyek wisata ini dipercaya sebagai pintu masuk El Dorado, sebuah kota mistis penuh dengan harta karun emas permata. Legenda ini bukannya tanpa bukti karena di dasar danau ini beberapa artifak dari emas memang pernah ditemukan dan kini disimpan di Gold Museum, Kolombia. Karena penemuan-penemuan inilah kemudian para pemburu harta karun dari Eropa banyak yang berusaha mencari El Dorado namun hingga kini belum berhasil.

Setiap setahun sekali penguasa El Dorado dipercaya keluar untuk melakukan ritual mencuci harta karunnya. Saat itulah beberapa di antara hartanya tercecer dan tertinggal di dasar danau. Jika Anda ingin berkunjung ke sana, meskipun mungkin tidak akan menemukan emas pertama yang tercecer di danau, tetapi setidaknya Anda bisa merasakan pemandian air panas yang banyak tersebar di sekitarnya.

Artikel Terkait Fenomena ,Mistis ,Plesir

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment