Misteri Piramida di Permukaan Planet Ceres




Ada saja misteri dari Ceres, planet kerdil (dwarf planet) terbesar di Tata Surya yang ada dalam pantauan Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA.

Hampir satu dekade ilmuwan mencari jawaban atas titik putih bercahaya di permukaannya. Foto yang diambil oleh pesawat luar angkasa Dawn milik NASA dari ketinggian 4345 kilometer, menunjukkan sekelompok cahaya reflektif. Yang terbesar berukuran 6 mil (lebih dari 9,7 kilometer) dan terletak di kawah terbesar Ceres.


foto: NASA

"Dawn menggunakan seperangkat instrumen untuk menganalisa cahaya yang dipantulkan dari Ceres, membantu ilmuwan mengenali mineral di permukaan dwarf planet tersebut. Sampai sekarang, titik-titik bercahaya itu diperkirakan terdiri dari es atau garam, walaupun ada lebih banyak kemungkinan, termasuk gletser ataupun gunung berapi," tulis Huffington Post, seperti dikutip pada Minggu (28/6/2015).

Namun, foto terbaru menunjukkan objek gunung yang setinggi tiga mil (sekitar 4,8 kilometer) dan berbentuk menyerupai piramida. Mengherankan, sebab ‘piramida’ tersebut seakan tiba-tiba mencuat dari permukaan Ceres yang mulus. Gambar gunung tersebut ada dalam lingkaran kuning.


foto: NASA

Wahana luar angkasa itu dijadwalkan untuk lebih mendekat ke Ceres mulai 30 Juni tahun ini, beranjak dari jarak 4345 km dari permukaan ke jarak sebesar 1.448 km saja. Ceres sendiri akan mencapai orbit baru yang lebih rendah pada awal Agustus mendatang, sehingga foto-foto permukaan yang diambil akan terlihat lebih jelas. Namun untuk sekarang, misteri itu masih belum terungkap.

Labels: Alien, Fenomena, Teknologi

Thanks for reading Misteri Piramida di Permukaan Planet Ceres. Please share...!

0 Comment for "Misteri Piramida di Permukaan Planet Ceres"

Back To Top