`Bukit Pasir Hidup`, Memakan Apa Saja yang Ada di Hadapannya



Perancis - Selama ini orang-orang hanya tahu keberadaan tentang lumpur hidup yang bisa menyedot orang yang terjebak di dalamnya ke dalam bumi. Lain halnya orang-orang di Perancis, mereka lebih mengenal adanya “bukit pasir hidup” yang mampu “memakan” apa saja yang ada di dekatnya.

Kejadian ini bukanlah dongeng semata, sebab di kota Bordeaux ada sebuah gunungan pasir bernama The Great Dune of Pyla yang menjulang setinggi 107 meter dan bervolume 60 juta meter kubik pasir. Bukit pasir raksasa ini benar-benar hidup dan bergerak setidaknya sejauh 4,9 meter per tahun.

The Great Dune of Pyla sering disebut pula dengan nama “Gurun Sahara”-nya Perancis. Dengan panjang 3 kilometer dan lebar 500 meter, bukit pasir ini tercatat telah menenggelamkan beberapa properti rumah dan villa di sekitarnya. Pun demikian kejadian ini tidak membuat takut traveler, mereka malah menjadikan bukit pasir ini sebagai salah satu destinasi favorit. Tak ayal jika jutaan wisatawan datang ke bukit pasir tersebut.

Selama kurun waktu 57 tahun gurun pasir mini ini telah bergerak sejauh 280 meter, tentu dengan meninggalkan korban berupa rumah dan properti lain yang termakan bukit ini. Pergerakan bukit ini tidak bisa dipastikan arahnya sebab hal ini tergantung dengan arah angin dan kondisi iklim di sana.

Labels: Aneh, Fenomena

Thanks for reading `Bukit Pasir Hidup`, Memakan Apa Saja yang Ada di Hadapannya. Please share...!

Back To Top