Misteri Angka 4 Romawi pada Jam Gadang




Anda pernah berkunjung ke Bukit Tinggi, Sumatera Barat? Di kota ini terdapat sebuah monumen menjulang bernama Jam Gadang. Hampir semua orang mengagumi ikon kota Bukit Tinggi ini, namun tak banyak yang menyadari tentang keunikan dan misteri pada angka-angka romawi jam raksasa tersebut.

Jika dilihat lebih teliti, angka 4 romawi pada Jam Gadang ditulis IIII, bukan IV. Inilah yang menjadi tanda tanya, bahkan belum terpecahkan hingga sekarang. Benarkah angkah IIII mengandung simbol konspirasi atau hanya kesalahan dari si pembuat?

Bagi sebagian orang yang mempercayai teori konspirasi, angka IIII pada Jam Gadang merujuk pada kecemasan Belanda akan simbol IV yang merupakan singkatan "I Victory" yang berarti "Aku Menang". Belanda takut angka IV menjadi pemacu semangat perjuangan Indonesia untuk merdeka.

Maklum, jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada controleur (sekretaris kota) Kota Bukit Tinggi kala itu. Pada masa penjajahan Belanda, bagian puncak Jam Gadang terpasang megah patung seekor ayam jantan. Namun patung ayam itu digandi menjadi bentuk klenteng pada zaman pendudukan Jepang. Ketika masa kemerdekaan, bagian atas klenteng diturunkan dan diganti dengan gaya atap bagonjong rumah adat khas Minangkabau.

Pendapat lain dari cerita warga setempat, angka IIII merupakan petunjuk jumlah korban tewas dalam pembangunan bangunan jam besar setinggi 26 meter tersebut. Monumen berwujud bulat dengan diameter 80 sentimeter dan ditopang bangunan dasar seukuran 13 x 4 meter.

Jadi versi cerita ini, angka IIII melambangkan jumlah tumbal tukang batu pada proses pembangunan jam yang konon hanya ada dua di dunia. Satu di Sumatera Barat dan kembarannya di Big Ben, Inggris.

Lantas mana yang benar? Biarlah keganjilan ini menjadi keunikan sekaligus tantangan bagi siapa pun untuk mengungkap misteri angka 4 Jam Gadang.

Labels: Plesir, Rahasia

Thanks for reading Misteri Angka 4 Romawi pada Jam Gadang. Please share...!

Back To Top