Terungkap! Harta Karun Rp646 Triliun Terkubur Selama 73 Tahun




Harta karun ternyata bukan dongeng semata. Baru-baru ini, tim pemburu harta yang dipimpin Inggris mengumumkan pihaknya menemukan puluhan ton koin perak dari kapal yang tenggelam di kedalaman 5.150 meter di dasar laut.

Layak disebut harta karun, tumpukan koin perak yang terkubur di dasar laut selama 73 tahun itu bernilai 34 juta pound sterling atau Rp 646,14 triliun (kurs: Rp 18.996 per pound sterling).


Harta karun koin perak di kapal Inggris (Foto: Deep Search Ocean)

Mengutip laman Business Insider, Kamis (16/4/2015), SS City Cargo, kapal yang mengangkut penumpang dan barang itu membawa sekitar 100 ton koin perak milik Departemen Keuangan Inggris saat diserang kapal selam Jerman pada November 1942.

SS City Cargo kala itu tengah bersiar dari Bombay ke Inggris saat akhirnya tenggelam diserang torpedo dari dasar laut. 104 penumpang ditemukan tewas dalam pencarian yang berlangsung selama berminggu-minggu.

Upaya penemuan yang dipimpin Deep Ocean Search tersebut dimulai untuk menemukan bagian kapal pada November 2011. Cuaca dan kedalaman kapal membuat upaya pencarian menjadi sangat menantang.

Hingga akhirnya tim menemukan kapal tenggelam di dalam lumpur di dasar laut. Kapal telah terbelah menjadi dua saat ditemukan.


Harta karun koin perak di kapal Inggris (Foto: Deep Search Ocean)

"Banyak barang yang terlihat di lokasi puing-puing kapal. Hanya kargo perak ini yang dapat ditemukan secara utuh dari tempat penemuan," ungkap perwakilan dari tim pencarian melalui keterangah tertulisnya.

Sebenarnya, koin-koin tersebut ditemukan pada 2013 di bawah kontrak terhadap Kementerian Transportasi Inggris.

Labels: Fakta, Legenda, Menakjubkan

Thanks for reading Terungkap! Harta Karun Rp646 Triliun Terkubur Selama 73 Tahun. Please share...!

0 Comment for "Terungkap! Harta Karun Rp646 Triliun Terkubur Selama 73 Tahun"

Back To Top