Benarkah Batu Akik Punya Khasiat?

Terungkaplagi Monday, April 6, 2015
Benarkah Batu Akik Punya Khasiat

Batu akik memiliki khasiat namun dengan penjelasan ilmiah, kata Ketua Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat (Sumbar), Attila Majidi.

"Batu mulia memiliki khasiatnya tersendiri, namun dengan penjelasan secara ilmiah. Bukan hal-hal yang berbau mistis," katanya saat konfrensi pers kontes Gebyar Pesona Batu Akik Mulia Nusantara di Padang, Senin

Salah satu yang dicontohkannya adalah jenis Moss Agate (Suliki). Dimana batu itu memiliki kandungan mineral yang berpengaruh terhadap tubuh manusia.

"Moss Agate adalah akik mengandung mineral yang menyerupai lumut. Mineralnya itu berpengaruh terhadap tubuh manusia," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, warna batu juga akan mempengaruhi perasaan pemakainya, sejalan dengan teori warna. Karena masing-masing warna juga kesannya sendiri.

Dengan hal tersebut, ia mengatakan beberapa khasiat yang sering dikatakan oleh pemakai batu tidak sepenuhnya salah. Namun kesalahan terjadi karena membawa hal tersebut ke ranah mistis.

"Berdasarkan keilmuwan batu memiliki khasiatnya sendiri. Hanya saja beberapa pengguna batu akik menghubungkan khasiat itu dengan hal mistis, dikarenakan tidak tahu penjelasannya secara ilmiah," ujarnya.

Saat ditanyai tentang sertifikasi batu, ia menyebutkan Komunitas Batu Akik Mulia Sumatera Barat mendorong pemilik mensertifikatkan batunya.

Karena sertifikasi itu dapat memberitahukan detail batu yang dimilki, kelangkaan, dan lainnya. Selain itu dengan sertifikat pemilik akan mudah dalam penentuan harga karena spesifikasi batunya sudah jelas.

Ia menjelaskan beberapa kendala dalam menyertifikatkan batu itu karena belum mengetahui keberadaan Lab Gemologi untuk pengidentifikasi spesies dan varitas, treatments, serta inclusion mapping sebagai identitas sebuah batu. Dimana hasil pemeriksaan nantinya dinyatakan dalam memo atau sertifikat.

Selain itu, ujarnya, karena terkendala pada jarak untuk mensertifikasi batu tersebut. Dimana untuk Sumatera, terdapat satu Lab Gemologi yang terdapat di daerah Medan.

Artikel Terkait Permata

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment