Feng Mingshan, Manusia Gua Terakhir di Dunia

Anda pernah menonton film The Flintstone? Di film yang bersetting zaman prasejarah ini diceritakan tentang cara hidup orang zaman dulu. Dulu tidak ada rumah dari bata atau apartemen seperti sekarang. Beberapa tokohnya digambarkan hidup di rumah yang berada di dalam gua. Zaman dulu memang orang banyak yang hidup di dalam gua, tapi kini semua telah berubah dan menjadi lebih modern.

Feng Mingshan

Kini semua orang tinggal di rumah atau apartemen, atau bila tidak memiliki keduanya mereka ada yang tinggal di dalam mobil seperti yang dilakukan oleh kelompok gipsy. Gua kini menjadi tempat wisata atau tidak ada yang mendiami, tapi ternyata masih ada satu orang yang dalam era globalisasi seperti ini tinggal di dalam gua yang berada di gunung lho!

Feng Mingshan, warga negara China ini sudah 20 tahun di dalam gua. Pria berusia 54 tahun ini mendiami gua yang berada di Provinsi Shaanxi, China dari tahun 1993. Untuk mencapai gua yang dijadikan rumah oleh Feng ini, dia harus memanjat setinggi 50 meter dan hal ini rupanya tidak membuat Feng berhenti untuk tinggal di sana.

Gua tempat Feng tinggal ini terletak di sebuah tebing tegak lurus. Karena itulah Feng harus wall climbing agar dapat memasuki rumahnya sangat tradisional dengan pintu kayu. Dia pindah ke Kota Gaoba di sebelah utara China, Provinsi Shaanxi pada 1993 lantaran tidak ingin dikelilingi banyak orang. Seperti manusia lainnya, Feng juga makan, tidur serta melakukan berbagai aktivitasnya, tapi dia melakukannya di dalam gua.
Feng biasanya ke luar dari dalam gua pada malam atau sore hari untuk mencari makan. Warga sekitar sudah biasa dengan Feng yang memilih tinggal di gua. Tapi kenapa Feng lebih suka tinggal di gua ya? Adik Feng yakni Feng Xueming mengatakan kakaknya mempunyai kepribadian aneh. "Dia tidak suka berkomunikasi dengan orang lain," ujarnya. Sudah 20 tahun dia tinggal di gua dan menata guanya itu, bahkan membuat jalan tapak agar lebih mudah mencapai rumahnya, dikutip dari merdeka.com.

Feng rupanya suka hidup terisolasi dan jauh dari masyarakat. Bagi Feng, hidup sendiri dan tenang seperti itu adalah pilihannya. Walau begitu, Wali Kota Gaoba Xu Min mengatakan mereka mengawasi Mingshan dan terus berupaya mengajak lelaki itu mendiami rumah konvensional.

Labels: Sejarah

Thanks for reading Feng Mingshan, Manusia Gua Terakhir di Dunia. Please share...!

Back To Top