10 Mitos Terkenal Orang Indonesia Yang Aneh

Terungkaplagi Monday, March 23, 2015
Pernah mendengar larangan-larangan yang jika dilanggar konon akan berakibat terkena kutukan? Misalnya jangan duduk di depan pintu karena bisa menghambat jodoh. Bisa jadi larangan itu akan membuat keder seorang gadis yang mendengarnya dan serta merta mematuhinya. Namun bisa juga justru membuat seseorang mencibir karena secara logika tidak ada hubungannya. Ya, itulah mitos. kepercayaan yang diwariskan secara turun menurun sehingga banyak yang menganggapnya sebagai sebuah kebenaran.Boleh jadi mitos-mitos yang beredar di tengah-tengah kita memang tidak ada hubungannya sama sekali. Namun ada juga mitos yang jika ditelaah lebih dalam ada benarnya dan memiliki hubungan sebab akibat tidak secara langsung. Mungkin karena orang tua kita tidak ada waktu atau malah juga tidak tahu bagaimana menjelaskannya, maka diambil jalan pintasnya saja.

Seperti apakah mitos-mitos yang yang banyak beredar dan bagaimana faktanya?

Mitos 1: Kalau Menyapu Tidak Bersih, Nanti Suaminya Brewokan Lho!
Faktanya adalah sebuah pesan agar melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh-sungguh. Ancaman mendapatkan seorang suami yang berewokan adalah karena jaman dulu pria berewokan dianggap orang yang kasar, jahat, dan pelaku kriminal.


Menyapu Harus Bersih

Sehingga tidak ada seorang gadis pun yang berminat mendapatkan suami seperti itu. Namun di jaman sekarang, berewok justru dianggap sebagai trend dan sama sekali tidak mencerminkan kepribadian seseorang.

Mitos 2: Bersiul di Malam Hari Bisa Membuat Anda Didatangi Setan
Faktanya adalah tidak ada hubungan atara siulan dan setan. Yang ada, jika kita bersiul di malam hari, bukan setan yang akan datang, melainkan tetangga yang marah akibat istirahatnya terganggu saat mendengar siulan kita.


Bersiul

Mitos ini ada benarnya juga sih, kalaupun tidak mendatangkan setan, bisa aja mendatangkan kemarahan dari orang lain bukan? Lagipula, bersiul kok malam-malam, mendingan nonton televisi saja, hihihi.

Mitos 3: Duduk di Depan Pintu Bakalan Bikin Anda Susah Jodoh
Faktanya adalah pintu bukanlah tempat duduk. Duduk di depan pintu hanya akan menghambat lalu lintas orang yang melewati pintu tersebut. Belum lagi bisa terkena resiko masuk angin karena pintu juga tempat keluar masuk udara. Lagi pula, dari pada duduk bengong di depan pintu, lebih baik melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat bukan?


Duduk di Depan Pintu

Tapi mungkin mitos ini ada benarnya jika kebetulan ada calon mertua yang lewat dan melihat kita duduk bermalas-malasan di depan pintu. Mana mau beliau punya menantu pemalas begitu….

Mitos 4: Jangan Bangun Kesiangan, Rejekinya Bisa Dipatuk Ayam
Faktanya adalah orang yang bangun kesiangan akan terlambat pula berangkat bekerja, sehingga bisa kehilangan rejeki. Mitos bangun siang ini dipercaya sejak dulu banget, dan orang Indonesia yakin jika bangun lebih awal, lebih punya banyak waktu untuk mencari rezeki. Nah bandingan kalau Anda tiap hari bangun kesiangan…


Misalnya baru bangun jam 10 pagi. Anda sudah kehilangan beberapa jam produktif di pagi hari untuk bekerja. Jadi kalau rejeki hilang akibat bangun kesiangan, jangan salahkan ayamnya ya….

Mitos 5: Makan Harus Dihabiskan, Kalau Sisa Nanti Ayamnya Mati
Faktanya adalah membuang makanan adalah hal yang mubazir. Orang tua sudah susah payah mencari uang untuk membeli makanan, maka jangan disia-siakan. Lagi pula, jika makanan tidak dihabiskan, khawatir perut masih terasa lapar.


Makan Harus Habis

Ancaman ayam peliharaan akan mati ini dikarenakan pada jaman dulu ayam masih sangat mahal harganya, dan anak-anak umumnya memiliki ayam peliharaan yang sangat disayangi. Sehingga mereka pasti tidak akan mau kehilangan ayamnya. Namun untuk anak-anak jaman sekarang, mitos tersebut tidak lagi relevan karena mereka lebih suka bermain dengan gadget daripada memelihara ayam.

Mitos 6: Duduk di Atas Bantal Menyebabkan Bisulan
Faktanya adalah tidak ada hubungan antara bantal dengan kesehatan kulit. Sebenarnya larangan ini lebih bertujuan untuk menanamkan nilai kesopanan. Sebab bagaimanapun juga bantal merupakan tempat untuk kepala, maka tidaklah sopan jika digunakan untuk pantat (diduduki).

Duduk di Atas Bantal

Kalau memang mau duduk di atas bantal, sediakan bantal khusus ya, jangan bantal tidur juga dipakai duduk. Contohnya seperti bantal duduk yang dipakai oleh masyarakat Jepang. Lebih tipis dan lebih nyaman.

Mitos 7: Anak Kecil Yang Main di Luar Pas Magrib, Diculik Wewe Gombel
Faktanya adalah bahwa sebenarnya waktu maghrib adalah waktu pergantian siang dan malam. Sehingga sebaiknya dimanfaatkan untuk mengerjakan PR, belajar atau paling tidak beristirahat setelah seharian beraktivitas. Jadi sebenarnya lebih ke arah pembelajaran disiplin waktu untuk anak-anak.


Anak Bermain Saat Magrib

Lagipula di Indonesia, waktu magrib atau senja memang menjadi pembatas antara aktivitas di luar rumah. Biasanya nih, yang di luar segera masuk ke dalam rumah atau yang sedang di jalan akan berhenti dulu sejenak. Jadi lebih baik jika sudah senja, anak-anak sudah di rumah dan mulai belajar untuk sekolah esok harinya.

Mitos 8: Jangan Berdiri di Bawah Pohon Pada Malam Hari Sebab Bisa Dibius Setan.
Faktanya adalah pada malam hari, tumbuhan mengeluarkan gas karbon dioksida dari dalam tubuhnya. dan jika kita berada di bawah pohon, gas tersebut akan terhirup oleh kita, sehingga jika terlalu lama kita bisa pingsan akibat kekurangan oksigen. Jadi bukan pingsan karena dibius setan.


Berdiri di Bawah Pohon

Kadang-kadang kan kita butuh berteduh jika kehujanan malam hari bukan? Nah lebih baik carilah masjid ataupun pertokoan yang ada terasnya untuk berteduh. Kalau di bawah pohon kan juga rawan tersambar petir…

Mitos 9: Jangan mandi malam-malam, karena bisa menyebabkan rematik.
Faktanya adalah bawa mandi malam akan membuat tulang sendi menjadi nyeri. Hal ini karena hawa malam akan menghambat suplai oksigen ke dalam tulang sehingga terjadi penyempitan dan akhirnya menjadi nyeri. Sedangkan rematik disebabkan karena peradangan sendi.


Mandi Malam Hari

Peradangan sendi sendiri diantaranya disebabkan oleh kekurangan hormone estrogen, osteoporosis, faktor genetik dan jumlah kadar asam dalam darah. Jadi tidak ada hubungannya sama sekali. Tapi siapa pula yang mau terkena nyeri sendi di malam hari?

Mitos 10: Jangan memakai baju hijau saat ke Pantai Selatan, sebab nanti akan “ditarik“ oleh Nyi Roro Kidul.
Faktanya adalah dari kejauhan, warna air Laut Selatan berwarna hijau. Sehingga jika ada orang tenggelam, maka teman atau tim penyelamat akan kesulitan dalam menemukan orang tersebut. Jadi jika ada korban yang terseret arus pantai dan jasadnya baru ditemukan beberapa hari kemudian, itu bukan karena disandera sama Nyi Roro Kidul lho ya…..


Main di pantai

Indonesia memang masih mengenal banyak sekali mitos dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana lagi, zaman dulu memang orang kalau tidak ditakut-takuti seperti ini mungkin susah untuk hidup lebih tertib. Manakah dari mitos-mitos di atas yang masih Anda percaya?

Artikel Terkait Aneh ,Fakta

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment